parenting

Pilihan Snack Sehat untuk Balita yang Ramah Gigi

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 06 Mar 2019 15:00 WIB
Pilihan Snack Sehat untuk Balita yang Ramah Gigi
Jakarta - Merawat gigi anak, enggak cukup dengan menyuruhnya rajin sakit gigi, Bun. Perhatikan juga makanan si kecil, agar tidak merusak kesehatan giginya. Termasuk makanan ringan yang menjadi kesukaannya.

Pada umumnya, anak-anak cenderung lebih menyukai camilan berasa manis seperti permen atau cokelat. Hmm, dilema ya, Bun. Kalau dibiarkan, lama-lama snack manis berpotensi merusak gigi mereka. Maka dari itu, haru dibarengi dengan perawatan gigi yang benar.

Meminta mereka gosok gigi setiap habis makan manis, tentu sangat sulit ya, Bun. Namun, Bunda jangan menyerah begitu saja aga si kecil enggak mengalami gigi berlubang atau karies. Sebelum gigi si kecil habis, Bunda dapat memberikan batasan dan menyuguhkan camilan pengganti yang lebih sehat untuk mereka.


Dr Wilma McPherrson dari Jersey City Pediatric Dentistry mengatakan, saat memilih makanan bayi sebaiknya hindari produk komersial yang terlalu banyak mengandung gula.


"Menerapkan kebiasaan baik sejak dini dapat membawa mereka pada pilihan gaya hidup sehat sepanjang hidup anak,"kata Wilma, dikutip dari Njfamily.

Wilma menyarankan agar anak-anak menghindari gula berlebih sejak dini dengan membatasi makan permen. Untuk anak yang lebih besar, sebaiknya Bunda tetap memantau asupan permen dan hindari minuman manis. Seperti misalnya soda, jus buah, dan makanan yang cenderung lengket atau berpotensi nempel di gigi.

Melansir Webmd, ada beberapa makanan yang bisa dijadikan alternatif camilan menyehatkan untuk si kecil, Bun. Misalnya saja buah dan sayur yang jelas terbukti untuk anak-anak.

Bunda dapat memberikan anak-anak buah dan sayur yang mengandung volume air tinggi seperti pear, melon, seledri, mentimun, dan lainnya. Tetapi Bun, ada baiknya membatasi anak untuk mengonsumsi pisang dan kismis karena mengandung gula pekat. Kalaupun anak mengonsumsi makanan tersebut, biasakan untuk segera menyikat giginya setelah memakannya.

Pilihan Snack Sehat untuk Balita yang Ramah GigiFoto: iStock

Camilan lain yang bisa dijadikan alternatif yakni keju yang membantu memicu aliran air liur. Air liur sendiri dapat membantu membersihkan partikel makanan dari gigi, Bun. Jadi, nggak ada salahnya memberikan berbagai varian keju untuk si kecil ya, Bun.

Perlu Bunda ingat, si kecil sebaiknya menghindari makanan yang lengket dan kenyal, Bun. Kalaupun mereka terlanjut mengonsumsinya, mintalah mereka untuk menyikat giginya setelah makan.

Jika Bunda ingin memberikan permen pada si kecil, pastikan makanan tersebut bukan sebagai makanan ringan. Berikan permen tersebut sebagai makanan penutup setelah makan. Biasanya, akan ada peningkatan jumlah air liur di mulut saat waktu makan. Sehingga, akan lebih mudah untuk membersihkan makanan dari gigi.


Lebih baik bersikap tegas demi kesehatan gigi anak, daripada repot di kemudian hari. Terapkan kebiasaan sehat sejak dini. Termasuk, mengajarkan asupan sehat yang membuat kesehatan gigi anak tetap terjaga. Selamat mencoba, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi