parenting

Pujian untuk Jan Ethes di Ultah Ketiga: Anak Tanpa Gadget

Asri Ediyati Senin, 11 Mar 2019 19:06 WIB
Pujian untuk Jan Ethes di Ultah Ketiga: Anak Tanpa Gadget
Jakarta - Kemarin, hari Minggu (10/3/2019), Jan Ethes, cucu pertama Presiden Jokowi berulang tahun ketiga. Pada ulang tahun kali ini, Jan Ethes dan orang tuanya melakukan sesi pemotretan dengan fotografer Diera Bachir.

Dari hasil fotonya, Jan Ethes tampak menikmati sesi foto dan enggak rewel. Putra dari Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda itu mendapat banyak pujian di hari ulang tahunnya. Salah satunya dari make up artist (MUA) yang merias wajah sang bunda.

"Happy birthday Jan Ethes. Hebat terus sampai besar, saleh dan jadi kebahagiaan buat semua orang. Suka lion (singa) terus dan "Auummminn" semua yang nakal ya Ethess," tulis MUA Victoria Makeupatelier.


MUA yang merias Selvi juga bercerita tentang tingkah laku Jan Ethes selama menemani sang bunda merias wajahnya. Menurutnya, Jan Ethes memang merupakan anak yang lucu dan polos.

"Jan Ethes lucunya. Yang kita lihat selama ini tentang Ethes ternyata seperti itulah anaknya polos, no gadget, senang terus, enggak moody, very good attitude dan enggak ngerengek, anteng puoll.. Tapi kalau diajak ngobrol nurut dan jawab manis..," katanya.

MUA tersebut benar-benar salut dengan pola asuh yang diterapkan Selvi pada Jan Ethes. Ya, sudah rahasia umum, mendidik anak zaman now rasanya agak mustahil jauh dari gadget.

"Aku sulit lho didik anakku begini, saking serunya sampai lupa tanya kemarin resepnya apa bisa anak begitu yo. Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa 1 - 10 bisa. Sambil ibu dirias, dia nyanyi di pangkuan ibunya 'Satu satu Ethes sayang Ibu, Dua dua Ethes sayang Ibu, Tiga tiga Ethes sayang Ibu, satu dua tiga Ethes sayang Ibu' hahaha 'Ethes mirip siapa? Ibu' 'Pinginnya mirip siapa? Bapak' gemas!," sambungnya.
Pujian untuk Jan Ethes di Ultah Ketiga: Anak Tanpa GadgetPujian untuk Jan Ethes di Ultah Ketiga: Anak Tanpa Gadget/ Foto: Dok. Diera Bachir

Agak sulit rasanya zaman sekarang menjauhkan anak dari gadget. Akan tetapi tak ada yang mustahil jika orang tua memulainya lebih dulu. Lalu, bagaimana jika dari usia dini sudah nempel dengan gadget? Menurut psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo yang akrab disapa Anas mengatakan hal terpenting adalah jangan menjadikan gadget sebagai pengganti orang tua. Beri izin anak untuk bermain gadget hanya dalam kondisi tertentu ya, Bun. Pastikan juga untuk memilih konten berkualitas dan ramah anak.

Anas mencontohkan ketika kita mengajak si kecil membuat Instagram Story dengan kamera depan handphone, bisa pakai fitur yang lucu-lucu, Bun. Kata Anas, kalau itu dipakai bisa jadi ajang lucu-lucuan dan bonding sama anak.

"Kalau kayak gitu masih bisa ditoleransilah. Tapi, sesuai rekomendasi American Academy of Pediatric, dalam sehari buat anak umur di bawah dua tahun maksimal 10 menit ya," kata Anas yang juga berpraktik di Klinik Petak Pintar ini.

Nah, Anas enggak menampik buat ayah dan bunda yang bekerja, memang agak susah untuk enggak ngasih anak gagdet. Tapi, ini masih bisa diakali dengan membuat menu aktivitas buat anak, Bun. Jadi, pas anak di rumah bersama pengasuh, selain menu makan, kita juga membuatkan mereka menu aktivitas.

"Bisa kok sebenarnya. Memang sih PR. Pas weekend kita siapin apa aja untuk bikin aktivitas anak. Enggak harus mahal kok, kayak balok-balokan atau kertas. Nanti anak coret-coret. Terus main busy book. Dalam hal ini, pengasuhnya perlu diedukasi juga ya supaya anak enggak main gadget misalnya kalau si mbak lagi sama si anak, jangan dulu pegang gadget," tambah Anas.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi