parenting

Pemakaian Bedak Tabur Bisa Picu Gangguan Pernapasan Si Kecil?

Nabilla Putri Rabu, 20 Mar 2019 14:14 WIB
Pemakaian Bedak Tabur Bisa Picu Gangguan Pernapasan Si Kecil?
Jakarta - Bun, siapa yang masih memakaikan bedak tabur ke tubuh si kecil seperti taburan gula pada donat? Hmm, baiknya kebiasaan itu dihindari ya. Sebab, pemakaian bedak tabur bisa mengganggu saluran pernapasan pada anak.

Dalam studi yang dilakukan oleh American Pediatric Association (APA) 2017 ditemukan penggunaan bedak tabur pada bayi berisiko menimbulkan gangguan pernapasan. Oleh karena itu, studi tersebut merekomendasikan agar tidak menggunakan bedak tabur karena partikel bahan mineralnya (talc) dapat membahayakan sistem pernapasan anak.


Sementara itu, dalam penelitian Godrej Indonesia pada produk bayi diketahui 92 persen ibu Indonesia masih menggunakan bedak tabur bayi secara rutin setelah memandikan anak atau saat menggantikan popok.


Menanggapi hal tersebut, dokter spesialis anak yang juga anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr.Attila Dewanti Sp.A(K) memaparkan kekhawatiran akan kebiasaan para bunda dalam mengaplikasikan bedak tabur yang sudah menjadi tradisi turun temurun.

"Penggunaan bedak tabur memiliki risiko terhadap sistem pernapasan bayi. Partikel bedak tabur yang terbawa udara dapat dengan mudah dihirup oleh bayi sehingga memengaruhi akses pernapasan dan kesehatan," ungkap Attila di Ecology Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2019).


Atilla menambahkan menghirup partikel bedak tabur secara berulang dapat menyebabkan luka pada paru-paru yang berakibat sesak napas dan batuk kronis. Dia menyarankan, bedak bayi dalam bentuk lotion bisa menjadi solusi yang lebih aman bagi pernapasan bayi serta dapat merawat kulit bayi tetap sehat.

Pemakaian Bedak Tabur Bisa Picu Gangguan Pernapasan Si Kecil?Foto: Nabilla Putri
Dalam kesempatan sama, Presiden Direktur Godrej Indonesia, Akhil Chandra mengatakan Mitu Baby Liquid Powder adalah inovasi terbaru Mitu Baby yang dikembangkan langsung oleh pusat riset dan pengembangan di Indonesia.

"Produk ini merupakan wujud komitmen kami untuk menjadi mitra para ibu dalam memberikan yang terbaik bagi bayi mereka. Kami percaya produk ini mampu menjadi solusi yang lebih aman bagi bayi di Indonesia," katanya.

Salah satu aktris cantik yang juga memiliki si kecil yang masih berumur 11 bulan, Ririn Dwi Ariyanti juga sempat mencoba manfaat pmakaian bedak lotion.

"Iya, awalnya saya kira bakal lengket terus lembap ternyata tidak. Teksturnya cepat meresap dan wangi, wangi bayi enak dan tidak ada partikel halus yang beterbangan," ungkap Ririn.

Dalam peluncuran Mitu Baby Liquid Powder ditampilkan simulasi cara partikel halus pada bedak tabur dapat terhirup dalam pernapasan si kecil dan bagaimana pengaplikasian bedak lotion. Mitu Baby Liquid Powder merupakan bedak cair dalam bentuk lotion yang aman untuk kulit si kecil dan cepat meresap dan memiliki wangi yang lembut. (mul/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi