sign up SIGN UP search


parenting

Kenali Alergi Rhinitis, Kondisi yang Bikin Anak Bersin-bersin

Melly Febrida Kamis, 28 Mar 2019 18:01 WIB
Si kecil sering bersin padahal sedang tidak flu? Bisa jadi dia mengalami alergi rhinitis, Bun. caption
Jakarta - Si kecil setiap pagi selalu bersin-bersin meski tak flu? Atau ketika kena debu ia juga bersin-bersin? Kalau iya, bisa jadi si kecil mengalami Allergic Rhinitis (AR) atau alergi rhinitis, Bun. Ini salah satu jenis alergi yang paling umum di seluruh dunia.

Dokter spesialis anak Dr.Dawn Lim dalam bukunya Childhood Allergies menjelaskan meskipun AR bukan kondisi yang mengancam jiwa, tapi bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada anak. Soalnya, hidung anak tersumbat, berair, dan gatal terus menerus. Kondisi tersebut bisa mempengaruhi tidur, sekolah, dan aktivitas si kecil lainnya, seperti bermain.

Kata Lim, anak dengan alergi rhinitis, hidungnya sangat sensitif dengan alergen atau yang memicu alergi. Ketika kontak dengan alergen, sel di hidungnya akan mengalami peradangan yang membuat lapisan di hidung gatal, tersumbat, berair dan cenderung bersin-bersin.


"Pemicu alergi pada pasien alergi rhinitis seringnya adalah tungau, debu rumah (house dust mites/HDM), jamur, rumput, serbuk sari, dan bulu binatang. Sedangkan, makanan bukan pemicu AR," papar Lim.

Lantas, apa sih penyebab dan gejala anak mengalami alergi rhinitis? Cek halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Penyebab Alergi Rhinitis


[Gambas:Video 20detik]

Penyebab alergi rhinitis
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!