parenting

Lagi Hits, Simak 5 Fakta Minyak Kutus-kutus Favorit Para Bunda

Asri Ediyati Rabu, 03 Apr 2019 09:01 WIB
Lagi Hits, Simak 5 Fakta Minyak Kutus-kutus Favorit Para Bunda
Jakarta - Minyak kutus-kutus kini jadi obat alternatif yang diminati para bunda. Minyak yang berasal dari Bali ini disebut memiliki banyak manfaat, bahkan diklaim bisa menyembuhkan segala penyakit, Bun.

Saat Bubun coba lihat testimoni dari para konsumen di salah satu e-commerce, banyak Bunda yang memberikan tanggapan positif. Diakui mereka, minyak kutus-kutus bisa menyembuhkan penyakit anaknya. Kebanyakan penyakit yang dialami anak mereka adalah batuk pilek sehingga enggak bisa tidur nyenyak.

Wah, jadi makin kepo ya, Bun, dengan minyak kutus-kutus ini. Untuk lebih lengkapnya, simak lima fakta tentang minyak kutus-kutus yang perlu Bunda ketahui.


1. Terdiri dari 49 bahan

Dilansir detikcom, minyak kutus-kutus diproduksi oleh PT Tamba Waras yang dicetuskan pertama kali oleh Servasius Bambang Pranoto beberapa tahun yang lalu. Asal muasalnya minyak ini berawal dari keinginan Pranoto untu sembuh dari cedera pada kakinya.

Setelah tak kunjung sembuh, Pranoto akhirnya membuat minyak dari 49 bahan yang semuanya dari bumbu masak, antara lain minyak zaitun, minyak kelapa (VCO), dan daun neem. Minyak kutus-kutus juga tak memiliki bahan kimia anorganik di dalamnya, selain itu tak menggunakan minyak yang berasal dari hewan.

2. Mampu mengaktifkan energi tubuh

Mengutip dari laman kutuskutus.id, minyak kutus-kutus mampu mengaktifkan energi tubuh yang sering disebut 'Chi' sehingga secara otomatis menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh. Energi Chi adalah energi vital kehidupan, yang mengalir pada jalur-jalur meridian pada tubuh kita, Bun.

"Kita diciptakan oleh Tuhan itu komplet, termasuk kemampuan untuk menyembuhkan diri. Cuman kita memang biasanya menyerahkan rasa sakit itu ke dokter, rumah sakit, tetapi tidak pernah melatih diri kita (untuk sembuh)," kata Pranoto.
Lagi Hits, Simak 5 Fakta Minyak Kutus-kutus Favorit Para BundaLagi Hits, Simak 5 Fakta Minyak Kutus-kutus Favorit Para Bunda/ Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth

3. Minyak jamu sekaligus aromaterapi

Minyak kutus-kutus dibuat dengan tanaman herbal yang diekstrak dengan minyak kelapa, lalu dicampur dengan minyak esensial. Semuanya diramu hingga terjadi paduan antara jamu dan aromaterapi.

Unsur jamu digunakan untuk mengobati dan unsur aromaterapi digunakan untuk membuat nyaman tubuh, sehingga tingkat penyembuhan akan berlangsung dengan nyaman.

4. Dipakai dengan cara membalurkan di bagian punggung

Cara pemakaian minyak kutus-kutus yaitu dengan membalurkannya dari tulang ekor lalu naik ke tulang punggung sampai tengkuk belakang kepala. Jika ada keluhan, balur minyak kutus-kutus pada bagian yang bermasalah, dan tutup pada bagian telapak dan jari-jari kaki.

Untuk dosis, Bunda bisa melihatnya pada label yang tertera pada botol atau kardus pembungkusnya. Karena terbuat dari bahan-bahan alami, maka minyak kutus-kutus aman digunakan sehari-hari seperti minyak kayu putih, telon, atau minyak tawon.

5. Memiliki harga yang paten

Di internet, minyak kutus-kutus dijual dengan harga yang beragam mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu. Menurut Pranoto, urusan harga ternyata sangat memengaruhi keaslian produk.

"Standar saya antara palsu dan tidak, kalau harganya tidak Rp 230.000 itu pasti palsu dan lebih murah," ujarnya.

[Gambas:Video 20detik]

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi