parenting

Cerita Kylie Jenner Ajarkan Anak Baca Buku dari Usia 1 Tahun

Asri Ediyati Senin, 15 Apr 2019 09:05 WIB
Cerita Kylie Jenner Ajarkan Anak Baca Buku dari Usia 1 Tahun Cerita Kylie Jenner Ajarkan Anak Baca Buku dari Usia 1 Tahun/ Foto: Instagram/@kyliejenner
Jakarta - Usia bukan halangan setiap anak untuk belajar membaca, sekali pun baru berusia satu tahun. Hal serupa diterapkan oleh Kylie Jenner. Ia mengajarkan putrinya, Stormi Webster untuk membaca buku.

Baru-baru ini, Kylie Jenner mengunggah video singkat ia dan Stormi yang berusia 14 bulan. Dilansir People, Stormi membaca dari buku bayi 'First 100 Words' karangan Roger Priddy. Ibu muda berusia 21 tahun itu meminta Stormi untuk menunjukkan brokoli dari buku. Ternyata, Stormi berhasil melakukannya sebelum menunjuk buah-buahan dan sayuran lainnya sendiri.

Rupanya enggak cuma di buku, Stormi menunjukkan kecintaannya pada sayuran. Di Twitter, Kylie mengobrol dengan penggemar tentang Stormi.

Ketika ditanya apa makanan favorit anak itu, bintang reality itu menjawab, "Dia cinta sayuran. Aku juga membiarkannya mencoba Cheerios (jenis snack) untuk pertama kalinya. Dia terobsesi". Demikian dikutip dari E News.


Buku kosakata milik Stormi itu sangat populer di e-commerce AS, dengan lebih dari 7.500 ulasan positif dari pelanggan yang memberikannya peringkat bintang empat sampai lima. Buku bayi 'First 100 Words' sebenarnya direkomendasikan untuk anak usia dua tahun ke atas, dan membantu balita mempelajari 100 kata dari berbagai kategori seperti makanan, hewan peliharaan, waktu tidur, warna, dan banyak lagi.

[Gambas:Instagram]


Bicara mengajarkan anak untuk baca buku sejak usia dini seperti Kylie Jenner, ada beberapa cara kreatif yang bisa Bunda dan Ayah lakukan untuk menumbuhkan kecintaan membaca anak di usia bayi dan balita, seperti dikutip dari Today Parent berikut ini:

1. Fleksibel

Anak-anak tentu enggak suka dipaksa, termasuk saat membaca buku. Coba untuk tidak memaksanya membaca seluruh cerita. Sebagai gantinya, biarkan si kecil memegang buku dan memainkannya.

Untuk usia ini, boardbook bagus karena cenderung lebih kokoh. Saat anak memegang bukunya, Bunda bisa menunjukkan berbagai objek di buku untuk menambah kosa katanya.


2. Menyanyikan isi cerita


"Cerita dengan nyanyian atau berirama akan menarik perhatian bayi dan balita, juga membantu anak-anak mulai membedakan suara dengan kata-kata. Bayi harus mendengar banyak kata dan ucapan yang berbeda jauh sebelum mereka mencapai usia untuk mulai membaca," kata Alyson Shaw, dokter anak di The Children's Hospital of Eastern Ontario.

3. Ajak ke acara dongeng

Di waktu luang, coba ajak anak ke perpustakaan atau tempat yang menggelar acara tentang dongeng, Bun. Biasanya, balita tertarik lho dengan dongeng yang dibawakan langsung oleh si pendongeng.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi