parenting

Bisa Bunda Tiru, Cara Teuku Wisnu Ajari Anak Puasa

Annisa Karnesyia Rabu, 15 May 2019 19:30 WIB
Bisa Bunda Tiru, Cara Teuku Wisnu Ajari Anak Puasa
Jakarta - Aktor Teuku Wisnu mulai mengajarkan puasa pada anak pertamanya, Teuku Adam Al Fatih atau kerap disapa Adam. Meski Adam baru berusia 4 tahun, suami Shireen Sungkar ini pelan-pelan memberi pengertian tentang puasa pada putranya.

Pria yang akrab disapa Wisnu ini mulai mengajak Adam untuk ikut sahur. Setelah itu, dia menjelaskan pentingnya sahur sebelum berpuasa.

"Baru Adam yang saya ajarin untuk berpuasa. Kalau dia bangun sahur, saya ajak ke bawah, 'Ayo kita sahur', biar dikasih tahu kalau sebelum berpuasa ada makan sahur," kata Wisnu, dikutip dari 20detik.



Wisnu sendiri tidak mau memaksakan waktu puasa anaknya, Bun. Di sela-sela puasa, dia mencoba mengakali rasa lapar Adam dengan mengajaknya main.

"Jam 10 pagi biasanya dia berbuka. Kita kasih tahu, 'Jam 10 bukanya ya'. Kadang-kadang dia sudah haus dan minta buka lebih cepat, saya bilang, 'Ayo Dam sebentar lagi jam 10,' diajak mainlah biar enggak terlalu fokus ke makan," ujar Wisnu.

Teuku Wisnu dan Adam/Teuku Wisnu dan Adam/ Foto: Instagram/ Istimewa

 Bangun sahur menjadi salah satu kendala Wisnu mengajarkan Adam puasa, Bun. Namun, pria 34 tahun ini punya trik khusus agar anaknya tetap berpuasa.

"Biasanya saya ajak dia bangun jam 6 dan dibuat seperti sahur, minum atau makan cookies yang ringanlah. Setelah itu, saya jelasin untuk tunggu sampai jam 10," papar Wisnu.

"Karena umurnya belum 5 tahun, saya coba untuk kasih jarak sampai jam 10 untuk puasa, nanti setelah itu, kita coba sampai jam 11, 12, dan naik terus. Tapi kalau untuk naik lebih dari zuhur kayaknya enggak dulu deh," sambungnya.


Wah, cara Wisnu mengajarkan puasa pada anak bisa ditiru nih, Bun. Mengajarkan puasa pada anak memang bisa dimulai sejak dini. Selain memberi pengertian, orang tua juga harus menjadi contoh ya.

"Cara mengajarkan anak berpuasa pastinya harus dicontohkan oleh orang tuanya. Kalau orang tua enggak ikut puasa pasti anak enggak akan puasa. Kenapa? Karena anak itu peniru ulung. Melihat orang tuanya daripada mendengarkan," kata Ustazah Aini Aryani, LC.

Setelah itu, kata Aini, ajarkan bahwa puasa adalah ibadah kepada Allah. Terakhir, beri motivasi dan ajarkan pentingnya bersyukur, Bun.

"Orang puasa yang susah aja kamu bisa, pasti ibadah lainnya seperti salat kamu bisa. Terus ajari anak bersyukur, 'Kakak bisa bicara, lihat gara-gara Allah. Kalau Kakak mau bersyukur caranya bisa lewat beribadah, melakukan kewajiban yang diperintahkan Allah,'" tambah Aini.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi