parenting

Hindari Memilih Nama Bayi yang Tak Disukai Allah SWT

Ratih Wulan Pinandu Kamis, 16 May 2019 15:30 WIB
Hindari Memilih Nama Bayi yang Tak Disukai Allah SWT
Jakarta - Nama bayi bernuansa Islami atau berasal dari Bahasa Arab, menjadi pilihan sebagian orang tua di Indonesia. Namun ternyata, enggak semua nama bayi Berbahasa Arab memiliki makna yang baik ya, Bun.

Melansir laman NU Online, dalam Islam sendiri tak pernah mengatur pemberian nama harus berbahasa Arab lho. Hanya saja, ada beberapa aturan yang harus orang tua pahami sebelum memilih nama untuk anaknya.


Menurut Ustaz Muhammad Alvin Nur Choironi, Pegiat Kajian Tafsir dan Hadits, disunahkan untuk memberi nama yang baik, Bun. Walaupun tidak berbahasa Arab, yang penting memiliki makna yang bagus sebagai doa dan harapan kepada anaknya.


Hanya saja, Bunda dan Ayah juga disarankan untuk menghindari nama-nama yang tidak disukai Rasulullah SAW. Seperti nama Rabah (untung), Najah (sukses), Aflah (menang), Yasar (kaya), Malikul Amlak (Raja Diraja).

Dijelaskan Muhammad Alvin, kalau nama-nama tersebut bukan tidak boleh digunakan, tapi lebih baik dihindari. Kalaupun ingin memilihkan nama anak dengan pilihan di atas, memang tidak akan berdosa. Namun akan lebih baik kalau memilih nama bayi yang disukai oleh Allah SWT seperti Abdullah, Abdurrahman dan nama-nama para nabi.

Hindari Memilih Nama Bayi yang Tak Disukai AllahNama bayi yang tidak disukai Allah/ Foto: iStock

Hal senada disampaikan Ustaz Adi Hidayat LC. MA, yang mengatakan kalau Rasulullah pernah mengganti nama sahabat karena dianggap mengandung makna kurang baik. Orang tua harus mencari nama yang baik, dengan tidak mencari nama yang mengandung nama-nama setan.

"Nama jadi doa orang yang bersangkutan, jangan bercanda dengan nama anak karena ada yang suka memberi nama anak dengan tokoh kontroversial. Kasihan karena yang akan membawa beban itu anaknya bukan orang tuanya," jelas Adi dikutip dari akun YouTube Ngaji Mantap pada Rabu (16/5/2019).

Hindari Memilih Nama Bayi yang Tak Disukai AllahNama bayi yang tidak disukai Allah/ Foto: istock

Adi bercerita kalau Rasulullah SAW mengganti nama salah seorang sahabat dari Abdusyams menjadi Abdurrahman. Begitu pula dengan seorang perempuan bernama Sayiya yang artinya jelek menjadi Jamila atau cantik.

Selain itu, Bunda dan Ayah hendaknya enggak asal memilih nama bernuansa Islami ya. Pasalnya, ada beberapa nama Berbahasa Arab yang ternyata mengandung makna-makna setan.


"Beberapa diantaranya Khanzab, Dasim, Masuth, Walhan. Nama yang tidak baik cepat ditinggalkan," pungkas Adi.

Intip juga yuk, Bun, pesan April Jasmine untuk ketiga anaknya!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi