parenting

Aktris Telenovela 'Esperanza' Edith Gonzalez Meninggal karena Kanker

Asri Ediyati Jumat, 14 Jun 2019 16:00 WIB
Aktris Telenovela 'Esperanza' Edith Gonzalez Meninggal karena Kanker
Jakarta - Aktris telenovela asal Meksiko Edith Gonzalez meninggal dunia pada Kamis (13/6/2019) waktu setempat. Gonzalez sebelumnya dikenal oleh pemirsa Indonesia lewat telenovela Esperanza. Gonzalez telah berjuang melawan kanker ovarium selama tiga tahun sebelum akhirnya menyerah pada usia 54.

Sepanjang perawatan, dia terus memberi informasi kepada penggemar tentang progres kesehatannya. Gonzalez selalu memberi semangat dalam wawancara melalui media sosial kepada pasien kanker ovarium lainnya.


Selain Esperanza ia terkenal karena perannya dalam serial Salomé, juga memainkan peran utama Monica dalam telenovela 1993 Corazón Salvaje, serta telenovela Doña Barbara serta Los ricos tambien lloran.


Gonzalez terus bekerja sampai kematiannya. Terakhir ia menjadi juri di reality show Meksiko This Is My Style. Gonzalez memulai kariernya sebagai artis cilik di tahun 1970-an. Selama empat dekade, ia bekerja di dunia hiburan, mulai dari membintangi telenovela di televisi, film, dan hingga tampil dalam produksi teater di Meksiko.

Dia meninggalkan seorang suami, Lorenzo Lazo, dan putrinya yang berusia 14 tahun, Constanza. Selamat jalan, Edith Gonzalez.

[Gambas:Instagram]

Mengenai kanker ovarium adalah kanker yang menyerang bagian ovarium atau indung telur, bahkan perkembangan kanker ini sangat cepat. Gejala yang terjadi tidak nampak seperti masalah besar, sehingga tidak banyak kanker ini diketahui pada stadium awal.

"Kanker ovarium sering disebut silent killer karena gejalanya mudah diabaikan atau dikaitkan dengan 'tumbuh tua' pada wanita perimenopause dan menopause," ujar dr Kelly Manahan, ahli onkologi ginekologi dengan Pusat Pengobatan Kanker Amerika (CTCA) di Southeastern Regional Medical Center, dikutip dari detikcom.


Beberapa gejala yang menyertai kanker ovarium, dikutip dari Mayo Clinic antara lain:

- Perut kembung dan bengkak
- Cepat kenyang saat makan
- Berat badan turun
- Rasa tidak nyaman di area panggul
- Perubahan kebiasaan buang air besar, seperti sembelit
- Lebih sering buang air kecil

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi