mom-life

Memasak dengan Wajan Gosong Bisa Picu Kanker?

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 11 Jun 2019 16:34 WIB
Memasak dengan Wajan Gosong Bisa Picu Kanker?
Jakarta - Siapa Bunda di sini yang masih memakai peralatan masak seperti wajan dan panci yang bagian belakang atau pantatnya gosong? Soal ini, disebutkan memasak dengan panci gosong bisa memicu kanker. Benarkah?

Menanggapi hal ini, dr.Wulyo Rajabto, Sp.PD-KHOM, dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, lebih menekankan pada cara memasak para bunda. Seperti kita tahu, beberapa makanan ada yang diolah dengan dibakar atau dipanggang sampai muncul bagian yang hitam gosong.

"Nah, bagian yang hitam itu yang bersifat karsinogen dan dapat memicu kanker," ujar Wulyo, saat berbincang dengan HaiBunda.



Ya, jika seseorang hobi mengonsumsi makanan yang seperti itu, kata Wulyo, risiko terkena kanker bisa meningkat. Karsinogen ini bisa mengubah sel-sel normal menjadi tidak normal.

Memasak dengan Wajan Gosong Bisa Picu Kanker?Foto: Thinkstock
Dikutip dari dr Oz Indonesia, kerak pada wajan gosong bisa masuk ke makanan, Bun. Penggorengan yang gosong mengandung zat akrilamida yang dapat memicu kanker. Tapi, kalau Bunda punya wajan dan panci gosong jangan buru-buru dibuang.


Ini bisa diatasi dengan cara mudah, untuk membuat wajan bebas dari noda gosong tersebut. Sediakan cuka masak dan spons cuci piring untuk menggosok wajan tersebut.

"Pertama, tuangkan cuka ke atas noda gosong di wajan, lalu gosok dengan spons cuci piring yang bagian hijau untuk menghilangkan kerak. Untuk hidup sehat enggak gampang tapi, daripada kena ke ginjal dan saraf ya kan," ungkap dr.Alberta Claudia, di acara dr Oz Indonesia.

Ingat ya, Bun, jangan menggunakan sabut atau sikat yang keras agar tidak menyebabkan permukaan wajan tergores. Sehingga menyebabkan bahaya kesehatan lainnya.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi