sign up SIGN UP search

parenting

Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan

Radian Nyi Sukmasari   |   Haibunda Minggu, 28 Jul 2019 09:02 WIB
Bayi sudah berumur lebih dari setengah tahun nih, 7 bulan. Apa perkembangan baru yang mereka tunjukkan? caption
Jakarta - Di usia 7 bulan, pastinya makin banyak perkembangan yang dialami si kecil. Tiap momen majunya tumbuh kembang anak pasti bikin Bunda dan Ayah bahagia. Di umur 7 bulan, apa lagi perkembangan yang dialami bayi?

Dokter spesialis anak, Dan Brennan, MD., mengatakan, di usia 7 bulan bayi akan mulai menjelajah lingkungan sekitar. Mereka bisa melakukannya dengan merangkak, menggeser tubuh, atau berguling. Brennan menyarankan, Bunda bisa memancing anak dengan memberi mainan kesukaannya.

Tapi, pastikan lingkungan anak aman ya, Bun. Di usia ini, si kecil juga sudah bisa duduk dengan mandiri. Kalau ada mainan yang menarik, dia akan menghampiri dan mengambil mainan itu. Dia juga sudah bisa minum dari sippy cup atau botol sendiri. Dengan kata lain, kemandirian anak meningkat.


"Bayi 7 bulan Anda seharusnya juga sudah kuat berdiri meski kadang perlu dipegangi. Latih dia untuk melakukannya demi memperkuat otot kaki dan sebagai persiapan berjalan," tutur Brennan, dilansir Web MD.

Gigi anak pun biasanya sudah mulai tumbuh. Biasanya, dimulai dari dua gigi depan atas dan bawah. Tanda anak tumbuh gigi salah satunya bayi lebih rewel dan lebih sering mengeluarkan liur. Untuk meredakan ketidaknyamanan si kecil, Bunda bisa mengompres gusi bayi dengan kasa dan air dingin.

Perkembangan Bayi Usia 7 BulanIlustrasi perkembangan bayi 7 bulan/ Foto: iStock
Di umur 7 bulan, bayi juga sudah mendapat Makanan Pendamping ASI atau MPASI dengan tekstur lumat dan kental. Jika ingin memberi makanan baru, lakukan bergiliran untuk melihat reaksi alergi. Di fase ini, Bunda juga bisa melatih anak untuk makan di baby chair-nya.

"Untuk kemampuan komunikasi, bayi sudah bisa merespons apa yang ibu katakan. Dia juga sudah jago menunjukkan beragam ekspresi. Di usia ini pula, anak mulai merasakan kecemasan saat dia jauh dari Anda. Jadi, jangan heran jika bayi rewel saat Anda tinggalkan," papar Brennan.

Dikutip dari Kids Health, di umur 7 bulan, bayi umumnya akan mengalami kenaikan berat badan 450 - 560 gram. Panjang badannya juga akan bertambah 1 - 2 cm. Bunda juga perlu tahu beberapa faktor yang memengaruhi tumbuh kembang bayi yaitu:

1. Kondisi genetik orang tua
2. Jumlah asupan dan zat gizi yang terkandung di dalamnya
3. Kesehatan secara menyeluruh
4. Fungsi hormon yang mengontrol aspek tumbuh kembang anak

Bunda, simak juga waktu dan cara benar menjemur bayi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!