parenting

Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 25 Jul 2019 12:00 WIB
Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan
Jakarta - Setelah melahirkan si kecil, hari-hari Bunda pasti berbeda. Melihat si kecil yang makin hari makin tumbuh dan berkembang bisa jadi pengalaman yang luar biasa bagi seorang ibu. Setuju ya, Bun?

Ketika si kecil berusia 4 minggu atau 1 bulan, apa saja sih perkembangan yang dia alami? Disampaikan pakar kesehatan anak Dr.Mary L Gavin, MD, dalam memantau perkembangan bayi, dokter akan menggunakan patokan milestone si kecil.

"Tiap bayi bisa tumbuh dan berkembang lebih cepat dari milestone-nya atau sebaliknya, lebih lambat," ujar Gavin.


Dia menambahkan, berikut ini perkembangan anak di usia 1 bulan.

1. Komunikasi

Untuk berkomunikasi, bayi akan mulai mengeluarkan suara yang kencang. Lalu, perlahan si kecil sudah bisa mengeluarkan suara, Bun. Jadi, suaranya tak hanya terdengar pas nangis saja.

2. Gerakan

"Untuk gerakan, bayi sudah bisa mengepalkan tangan dengan kuat. Kemudian, lengan dan kaki di kedua sisi bergerak seirama. Bayi juga sudah bisa mengangkat kepala sebentar saat dia dalam posisi tengkurap," ujar Gavin dilansir Kidshealth.

3. Kemampuan sosial dan emosional

Di usia 1 bulan, kata Gavin bayi sudah bisa mengena suara Bunda lho. Saat marah atau merasa enggak nyaman, bayi akan merespons ketika dia dipeluk, diajak bicara, atau dinyanyikan. Lalu, bayi langsung ngeh jika mendengar suara yang menarik.

4. Kognitif

"Di usia ini, bayi akan memandang objek yang ditaruh di depan wajahnya, terlebih dengan warna terang. Kemudian, dia akan mengikuti arah wajah orang yang mengajaknya bicara," papar Gavin.

ilustrasi bayi 1 bulanIlustrasi bayi 1 bulan. (Foto: Instagram)
Bunda dan Ayah perlu berkonsultasi dengan dokter jika bayi:
- matanya terlihat juling
- tidak merespons saat dipanggil atau diajak bicara
- hanya bisa menggerakkan satu bagian tubuhnya. Ini semua untuk mendeteksi apakah bayi mengalami masalah dalam perkembangannya.

Dikutip dari buku Anti Panik Mengasuh Anak 0 - 3 Tahun yang disusun Tim Tiga Generasi, di usia satu bukan gerakan yang ditunjukkan bayi masih gerak refleks. Misalnya, menggenggam jari atau memegang benda apapun yang mengenai telapak tangannya.



"Lalu, jarak pandang fokus mata baru 18 - 45 cm, menangis tanpa air mata, dan udah dapat membedakan antara ibu dan ayah. Di usia ini, menangis jadi bentuk komunikasi utama pada anak," kata tim penulis.

Bunda, simak juga cara benar memandikan bayi di video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi