parenting

Lagu Anak 'Guruku Tersayang', Penyemangat Si Kecil ke Sekolah

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 21 Aug 2019 17:00 WIB
Lagu Anak 'Guruku Tersayang', Penyemangat Si Kecil ke Sekolah
Jakarta - Di tahun-tahun pertama sekolah, biasanya banyak diwarnai drama mogok ke sekolah oleh si kecil. Mulai dari malas bangun pagi, berkelahi dengan teman sekolah, hingga takut menghadapi guru jadi permasalahan yang membuat anak malas sekolah.

Menghadapi hal ini, Bunda enggak perlu khawatir berlebihan. Melansir Today's Parent, Marjory Phillips, psikolog klinis di Lembaga Pengembangan Anak di Toronto menyarankan, agar orang tua tetap tenang dan mencoba berempati pada alasan anak malas sekolah. Memaksa anak sekolah hanya akan membuat mereka enggak nyaman lho, Bun.

Daripada emosi, sebaiknya ubah energi negatif tersebut menjadi lebih positif. Tanyakan alasan kenapa anak tidak mau ke sekolah. Kalau menurut psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo, selain susah bangun pagi masih banyak alasan yang melatarbelakangi anak enggan ke sekolah.


"Enggak hanya karena sulit bangun pagi kok. Bisa juga karena hal lain, misalnya tidak suka dengan pelajaran tertentu atau merasa malas karena kalau di sekolah suka diganggu temannya," kata Vera.

Pilih bahasa yang ringan dan mudah dimengerti anak-anak, sehingga mereka bisa lebih terbuka. Saat sudah tahu penyebabnya, Bunda bisa mencari jalan keluarnya. Salah satunya dengan mengingatkan lagi mereka pada hal-hal menyenangkan yang sudah dilalui di sekolah.

Lagu Anak 'Guruku Tersayang' Cara Mengajak Anak Semangat SekolahLagu anak agar semangat sekolah/ Foto: iStock

Contohnya bermain bersama teman-teman hingga melakukan kegiatan seru bersama guru mereka. Pada beberapa anak, mengingat kebaikan guru terhadap mereka bisa menjadi pemantik semangat lho, untuk rajin ke sekolah.

Nah, bagaimana cara mengingatkan memori menyenangkan tersebut? Bisa melalui lagu anak yang menyenangkan seperti ciptaan Melly Goeslaw yang satu ini. Ajari lagu anak 'Guruku Tersayang', yang bernada ceria untuk membangkitkan semangat anak di pagi hari sebelum berangkat sekolah.

Selamat mencoba!

Guruku Tersayang
Ciptaan: Melly Goeslaw

Pagiku cerah matahari bersinar
ku gedong tas merahku dipundak
selamat pagi semua kunantikan dirimu
di depan kelasmu menantikan kami

Guruku tersayang
guruku tercinta
tanpa mu apa jadinya aku
tak bisa baca tulis
mengerti banyak hal
guruku terima kasih ku......

Reff

Nyatanya diriku
kadang buatmu marah
namun segala maaf kau berikan.

[Gambas:Youtube]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi