parenting

4 Lagu Anak yang Ajarkan Sang Buah Hati Lebih Cinta Alam

Maya Sofia Jumat, 23 Aug 2019 17:16 WIB
4 Lagu Anak yang Ajarkan Sang Buah Hati Lebih Cinta Alam
Jakarta - Tak bisa dimungkiri, anak-anak zaman sekarang lebih senang menghabiskan waktu di depan gadget ketimbang beraktivitas di luar ruangan. Padahal, banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika anak-anak melakukan aktivitas yang berkaitan dengan alam.

Mengutip Natural Learning Initiative, manfaat itu antara lain mendukung anak lebih kreatif dalam memecahkan masalah, melatih kemampuan kognitif, dan mengembangkan performa akademik mereka. Selain itu, berinteraksi di alam juga dapat membantu meningkatkan kesehatan anak dari segi penglihatan, nutrisi, dan juga mengurangi stres.

Lalu, bagaimana mengajarkan anak agar lebih mereka lebih mencintai alam? Bunda dapat memulainya dengan hal sederhana.

Melansir dari Huffington Post, Bunda dan Ayah bisa mengajak anak untuk berkebun di rumah. Buat kebun kecil di dekat area bermain anak.

Ikut sertakan anak dalam menanam buah-buahan dan sayuran yang mereka gemari. Misalnya saja stroberi, tomat ceri, atau wortel.

Kedua, bebaskan anak bermain tanah atau lumpur. Kemudian, saat anak menemukan cacing atau laba-laba, jangan menakut-nakuti mereka ya, Bun.

Bunda dan Ayah juga bisa mengajak anak piknik atau kamping sambil memperkenalkan mereka keindahan alam. Sebagai contoh melihat deretan pohon pinus atau gugusan bintang di langit saat malam hari.

Selain itu, cara paling sederhana lainnya yang bisa dilakukan adalah memperkenalkan alam lewat lagu anak. Mungkin Bunda masih ingat dengan lagu Pelangi, Bintang Kecil, Menanam Jagung, dan Naik-naik ke puncak Gunung.

Keempat lagu anak tersebut mengandung lirik yang bisa mengajak anak untuk lebih mencintai alam. Kalau Bunda lupa lirik-liriknya, bisa sontek nih selengkapnya di halaman berikut. Jangan lupa klik next ya, Bunda.

Bunda juga bisa melihat cara mengenalkan anak pada satwa dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi