parenting

Tips Didik Anak Jadi Orang Sukses Ala Ibunda Serena Williams

Annisa Karnesyia Sabtu, 24 Aug 2019 17:04 WIB
Tips Didik Anak Jadi Orang Sukses Ala Ibunda Serena Williams
Jakarta - Siapa sangka di balik kesuksesan petenis bersaudara Venus dan Serena Williams, ada sosok ibu yang selalu mendukung. Oracene Price adalah ibu dari Venus dan Serena sekaligus pelatih tenis mereka.

Dalam wawancaranya dengan Today, Price membagikan cerita kerja keras anak-anaknya hingga sukses. Sejak dulu, Price sudah tahu keduanya akan berhasil.

"Aku melihat mereka kerja keras, dan tidak pernah sekalipun mengeluh. Tidak pernah bilang, 'Tidak mau'. Di pikiranku, mereka pasti berhasil, meski memang banyak tantangannya," kata Price.


Price mengenang masa kecil Venus dan Serena sebagai anak yang kuat. Kakak beradik yang usianya hanya terpaut setahun itu selalu melakukan banyak hal bersama-sama.

"Serena sebagai adik selalu melakukan apa yang dilakukan kakaknya, Venus," ujar Price.

Bicara soal kesuksesan mendidik dan melatih anak-anaknya, Price menitipkan pesan kepada orang tua di luar sana. Ia ingin orang tua tidak hanya mendukung tapi juga membiarkan anak bebas mengejar impiannya.

"Meskipun anak tidak melakukan yang terbaik, tapi jangan mematahkan semangat mereka. Jangan coba membuat mereka sempurna karena mereka akan sempurna dengan sendirinya. Biarkan mereka menjadi anak-anak, terbang bebas," tuturnya.

Venus dan Serena WilliamsVenus dan Serena Williams/ Foto: Instagram

Selama melatih kedua putrinya, Price tahu benar cara menempatkan dirinya. Dia sebagai pelatih di lapangan dan sebagai ibu di rumah.

"Ketika menjadi pelatih, melatihlah di lapangan, jangan di rumah. Ketika di rumah, berikan waktu bersama keluarga," kata Price.

"Sekarang saya yakin Venus dan Serena bisa mengurus diri sendiri dan tumbuh menjadi anak yang kuat," sambungnya.

Apa yang dilakukan Price bisa Bunda contoh nih. Membantu anak sukses tidak hanya dengan mendukungnya, tapi membentuk karakter positif.

"Ada begitu banyak karakter atau porsi yang bisa kita bangun untuk anak misal, berani ambil langkah tertentu, self dicipline, gimana dia ngerjain tugas, peduli sama orang, atau berempati," papar psikolog anak, Anna Surti Ariani.

Ketika kita konsisten soal disiplin, anak akan terbiasa dengan aturan-aturan yang dibuat. Kata wanita yang akrab disapa Nina ini, menciptakan momen-momen berkualitas dengan anak bisa membuat disiplin diri makin kuat.

Disiplin dengan anak bukan berarti melarang melakukan segalanya ya, Bun. ada efek yang bisa terjadi, simak penjelasannya di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi