parenting

Tanamkan Ibadah Sejak Dini Lewat Lagu Anak Islami 'Ayo Sholat'

Muhayati Faridatun Sabtu, 31 Aug 2019 10:00 WIB
Tanamkan Ibadah Sejak Dini Lewat Lagu Anak Islami 'Ayo Sholat'
Jakarta - Momen Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah, jatuh tepat pada Minggu (1/9/2019), bisa Bunda manfaatkan dengan mengajari anak tentang pentingnya ibadah. Terutama ibadah salat wajib lima waktu.

Dalam hukum Islam, anak usia balita (bawah lima tahun) termasuk belum baligh, sehingga belum diwajibkan salat. Tapi, tidak ada salahnya Ayah dan Bunda mulai mengajari anak salat sejak dini.


Dijelaskan ustaz Adi Hidayat, Lc. MA, ada kiat tersendiri dalam mengajarkan ibadah pada anak. Yang terpenting, kata Adi, orang tua tidak memaksakan si kecil.


"Pada anak yang belum baligh, kita tidak boleh memaksakan, yang ada mencontohkan dan memberikan yang menyenangkan dalam beribadah," urai Adi, dalam sebuah kajian yang dikutip dari channel YouTube Ngaji Mantap.

Adi lalu mencontohkan, misal Ayah dan Bunda membeli sajadah, belikan juga untuk anak dengan ukuran yang sesuai dan gambar yang bagus, jangan gambar yang aneh-aneh seperti kartun.

"Sajadah yang gambarnya bagus, jangan (kartun) Thomas atau Hello Kitty. Kalau bisa yang polos saja," saran ustaz yang sempat menempuh pendidikan di Libya.

Disampaikan juga oleh Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto, mendidik anak dalam melaksanakan ibadah adalah dengan memberikan contoh atau teladan.

"Berikan contoh atau keteladanan yang baik bagi anak. Teladan adalah kunci sukses mendidik anak," kata Susanto, dilansir detikcom.

Ya, itulah Bunda, cara tepat melatih dan membiasakan anak ibadah sejak dini. Selain dengan memberi contoh, Bunda juga bisa mengajarkan lewat lagu anak Islami Ayo Sholat. Berikut liriknya:

Ayo Sholat
Ciptaan: NN

Sudahkah kamu sholat
Sudahkah kamu sholat
Sholat wajib yang lima waktu
Yang sholat masuk surga

Ada subuh dan dzuhur
Ashar maghrib dan isya
Jangan tinggalkan sholat
Supaya masuk surga

Nah, untuk menyanyikan lagu Ayo Sholat, simak video di bawah ini:

[Gambas:Youtube]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi