sign up SIGN UP search


parenting

34 Lagu Daerah di Indonesia dan Maknanya yang Bisa Dikenalkan ke Anak

Annisa Karnesyia Rabu, 15 Sep 2021 15:50 WIB
Alat Musik Tradisional caption
Jakarta -

Lagu daerah menjadi salah satu mata ajar kesenian sejak bangku Sekolah Dasar (SD), Bunda. Tak heran banyak anak SD mulai suka bernyanyi bila mendengar irama lagu daerah sedang dimainkan.

Mengajarkan anak lagu daerah sama saja mengenalkan beragam kebudayaan yang ada di Indonesia. Melalui lagu daerah, Si Kecil dapat mengetahui bahwa Indonesia itu luas dan terdiri dari beragam suku dan kebudayaan.

Bagi anak yang masih kecil, bernyanyi menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Nah, di waktu ini, Bunda bisa mulai mengajarkan anak bernyanyi lagu daerah sambil mengenalkan budaya.


"Pada saat melakukan kegiatan ini, pesan-pesan yang Bunda berikan akan lebih lama tersimpan di memori anak atau ingatan jangka panjangnya," kata Novan Ardy Wiyani dan Barnawi, dikutip dari buku Format PAUD.

Banner TKW Blitar dapat Hadiah Mewah

Kegiatan bernyanyi lagu daerah akan lebih menyenangkan bila diiringi musik. Kita juga bisa menirukan tarian daerah saat bernyanyi lagu ini bersama buah hati.

Lagu daerah di Indonesia banyak sekali nih, Bunda. Di setiap daerah, suku, dan provinsi, memiliki lagu-lagu yang berbeda.

Setiap lagu pun memiliki makna dan pesan moral yang berbeda. Ada yang bercerita tentang pesan ayah kepada anaknya, ada pula yang menceritakan kekayaan alam di suatu daerah.

Nah, lagu daerah ini bisanya dinyanyikan oleh masyarakat daerah. Ciri khasnya menggunakan bahasa daerah dan alat musik tradisional.

Kebanyakan lagu daerah tidak diketahui dengan jelas siapa penciptanya. Untuk itu, demi menjaga eksistensi, kita perlu melestarikan salah satu bentuk kebudayaan ini dengan mengenalkannya ke anak.

Untuk anak yang masih kecil, lagu daerah tidak terlalu sulit dihafal. Meski menggunakan bahasa daerah, kebanyakan lagu dibuat dengan lirik yang pendek dan sederhana. Beberapa di antaranya bahkan mengulang lirik, Bunda.

Saat mengenalkan lagu daerah ke buah hati, jangan lupa menjelaskan maknanya ya. Melalui lagu daerah, kita bisa mengajarkan anak untuk bersikap dan berperilaku baik sesuai usianya.

Lalu apa saja daftar lagu daerah beserta maknanya yang bisa dikenalkan ke buah hati?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga 5 olahraga yang bisa menambah tinggi badan anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!