sign up SIGN UP search


parenting

Duh, Anak Melaney Ricardo Tak Sadar Lukai Diri Sendiri Setiap Cemas

Siti Hafadzoh Minggu, 27 Oct 2019 18:45 WIB
Awalnya, Melaney tidak menyadari kebiasaan anaknya yang membuat bibirnya iritasi dan terluka. caption
Jakarta - Banyak netizen yang menanyakan mengapa bibir Chloe, putri sulung presenter Melaney Ricardo merah-merah. Awalnya, Melaney menganggap ini hanya iritasi biasa, Bun.

Tapi, lama-lama Melaney menyadari bahwa ini ada kaitannya dengan psikologis sang anak. Ia juga sempat mengobrol dengan psikolog tentang anaknya ini.

"Aku pikir cuma iritasi bibir saja. Cuma lama-lama kok aku perhatiin kayaknya setiap dia mengalami ujian yang berat gitu ya, sekolah, dictation yang lumayan banyak, dia stres gitu dan bibirnya makin merah. Ya, itu salah satu tanggapan dari ahli psikologi," kata Melaney dikutip dari kanal YouTube Starpro Indonesia.


Apa yang dialami putrinya ini adalah respon diri terhadap stres yang dihadapi atau ketika sedang grogi. Sama juga seperti orang yang menggigit kuku ketika panik atau grogi.

"Jadi, ada orang tuh gigit-gigit kuku kalau nervous, kalau dia tuh kayaknya kalau dia grogi, nervous, bisa enggak ya ngerjainnya? Aku mampu enggak ya? Terus dia kayak menjilat-jilat bibirnya sampai akhirnya iritasi. Kan ludah, kalau dijilatin terus semakin kering kan. Bagian sini semuanya luka," jelas istri Tyson Lynch ini.

Chloe diketahui kewalahan mengikuti pelajaran di sekolah. Sehingga, ketika ia merasa tidak bisa, tanpa sadar melakukan kebiasaan menjilat bibirnya. Melihat hal ini, Melaney dan Tyson memutuskan untuk memindahkan sekolah Chloe. Mereka memilih home schooling agar Chloe dapat lebih fokus pada hal-hal yang ia suka dan tidak mengalami kecemasan seperti itu lagi.

Duh, Anak Melaney Ricardo Tak Sadar Lukai Diri Sendiri Setiap CemasMelaney Ricardo dan Chloe/ Foto: Instagram/ Istimewa
"Jadi sekarang aku berusaha untuk cari apa yang dia memang fokus sekolahnya. Kalau home schooling cuma tiga mata pelajaran, science, english, sama math. Selebihnya dia punya waktu untuk ngerjain sesuatu yang dia suka," tukasnya.

Dilansir Very Well Family, kebiasaan melakukan sesuatu ketika gugup adalah salah satu tanda anak mengalami kecemasan. Anak-anak mungkin tidak bisa menjelaskan kecemasan mereka sendiri, dan seringnya tidak punya kedewasaan untuk menjelaskan masalah yang mereka hadapi.

Kecemasan ini akan menyebabkan berbagai tanda fisik dan perilaku. Salah satunya, kebiasaan ketika gugup seperti yang dilakukan Chloe.

Semoga saja, setelah home schooling, kecemasan Chloe terhadap pelajaran jadi berkurang ya, Bun. Sehingga ia tidak melakukan kebiasaan menjilat bibirnya lagi.

[Gambas:Video 20detik]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi