parenting

3 Anak Seleb yang Lukai Diri Sendiri Saat Rasakan Cemas dan Depresi

Ratih Wulan Pinandu Senin, 28 Oct 2019 18:45 WIB
3 Anak Seleb yang Lukai Diri Sendiri Saat Rasakan Cemas dan Depresi
Jakarta - Bunda, pernah melihat anak-anak melukai dirinya sendiri? Kasus ini secara perlahan mulai banyak dijumpai di masyarakat. Penyebabnya pun bermacam-macam, biasanya karena gangguan kecemasan dan depresi.

Anak-anak yang belum bisa mengungkap isi hatinya, cenderung menyakiti dirinya sendiri tanpa sadar. Hal itu dia lakukan sebagai bentuk untuk mengekspresikan rasa takut dan marah dari dalam dirinya.

Beberapa anak artis juga ada yang mengalami gangguan kecemasan semacam ini. Mulai dari tingkat yang paling ringan, hingga yang sudah membahayakan orang lain. Siapa saja mereka, simak ulasannya di bawah ini.


1. Chloe anak Melaney Ricardo

Beberapa hari lalu, Melaney Ricardo menceritakan tentang kondisi anak sulungnya, Chloe Valentine Lynch. Diceritakan Melaney kalau Chloe memiliki kecenderungan melukai dirinya sendiri tanpa disadari.

Saat merasakan kecemasan, anak sulungnya itu cenderung menggigit ujung bawah bibirnya. Ternyata hal itu ada kaitannya dengan faktor psikologisnya.

"Aku pikir cuma iritasi bibir saja. Cuma lama-lama kok aku perhatiin kayaknya setiap dia mengalami ujian yang berat gitu ya, sekolah, dictation yang lumayan banyak, dia stres gitu dan bibirnya makin merah. Ya, itu salah satu tanggapan dari ahli psikologi," kata Melaney, dikutip dari kanal YouTube Starpro Indonesia.

Apa yang dialami putrinya ini adalah respon diri terhadap stres yang dihadapi atau ketika sedang grogi. Sama juga seperti orang yang menggigit kuku ketika panik atau grogi.

"Jadi, ada orang tuh gigit-gigit kuku kalau nervous, kalau dia tuh kayaknya kalau dia grogi, nervous, bisa enggak ya ngerjainnya? Aku mampu enggak ya? Terus dia kayak menjilat-jilat bibirnya sampai akhirnya iritasi. Kan ludah, kalau dijilat terus semakin kering kan. Bagian sini semuanya luka," jelas istri Tyson Lynch ini.

3 Anak Seleb yang Lukai Diri Sendiri Saat Rasakan Cemas dan DepresiMelaney Ricardo dan Chloe/ Foto: Instagram/ Istimewa

2. Zoe anak Lee Jeong Hoon & Moa Aeim

Dalam sebuah wawancara, Lee Jeong Hoon dan istrinya, Moa Aeim menceritakan kondisi psikis anak keduanya, Zoe. Saat berusia lima tahun, Zoe sering mencakar-cakar tubuhnya saat merasa tidak bisa menyampaikan keinginan hatinya.

Diceritakan Moa, kalau hal itu lebih sering terjadi saat Zoe baru tinggal bersama mereka. Sedangkan menurut Lee sendiri, Zoe melakukan itu karena sebelumnya membutuhkan sosok ibu yang tidak dia temui dalam fase tumbuh kembangnya.

"Zoe sensitif kalau enggak bisa ngomong apa-apa, dia nyakar-nyakar tubuhnya. Kalau dia enggak bisa mengungkapkan keinginan. Psikologinya ada yang terluka. Tinggal sama aku berubah," ungkap Lee dikutip dari InsertLive.

Namun untungnya, kecenderungan mencakar tubuh itu menjadi berkurang setelah sering diajak bicara. Bahkan diakui Lee, kalau dia mendidik Zoe dengan sedikit keras.

"Aku hancurin kursi, pukul tembok. Terus aku tanya sakit enggak? Terus aku bilang Apa (Papa) lihat kalau kamu nyakar itu lebih sakit lho. Kalau kamu mau sesuatu bilang biar papa tahu," terang Lee.

3. Elvy Sukaesih

Kasus mengamuknya anak Elvy Sukaesih belum lama ini menggegerkan publik. Diketahui kemudian kalau sang anak, Isa Haidar mengalami skizofrenia.

Gangguan mental itulah yang membuat Haidar memiliki kecenderungan untuk mengamuk, melukai orang lain dan bahkan diri sendiri.

"Yang dia derita skizofrenia, enggak sama sama gila tapi memang dia cenderung melukai orang, diri sendiri gitu," ungkap sang adik, Fitria.

Melansir Medical News Today, skizofrenia adalah gangguan mental yang biasanya muncul pada akhir masa remaja atau di awal masa dewasa. Paling sering menyerang orang yang berusia 16 dan 30 tahun.

Simak pengorbanan Melaney Ricardo untuk anak tercinta, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi