parenting

Rahasia Agar Si Kecil Tumbuh Jadi Anak yang Tangguh

Kamis, 31 Oct 2019 15:28 WIB
Rahasia Agar Si Kecil Tumbuh Jadi Anak yang Tangguh
Jakarta - Si kecil terkadang suka mengeluh dan menyerah dalam menjalani hari-harinya, tentunya karakter tersebut tidak lepas dari peranan orang tua dalam mendidik si kecil. Agar memiliki mental yang kuat, sebagai orang tua perlu mendidik anak untuk mengatasi perasaan menyerah agar mereka menjadi pribadi yang tangguh.

Jangan sampai si kecil memiliki perasaan ingin menyelesaikan semua masalah dengan instan tanpa tahu proses memecahkan masalah.

Ada beberapa rahasia agar si kecil mampu menghadapi masalahnya dan menjadi seorang yang tangguh, salah satunya dengan cara membiarkan anak untuk menghadapi masalahnya sendiri. Problem solving sangat penting agar anak mampu bersaing dan memiliki karakter yang tangguh.


Namun, jangan khawatir jika anak menemui masalah, sebagai orang tua Anda dapat mendampingi mereka dan memberikan masukan. Dengan begitu, ketika si kecil akan mampu terbiasa menyelesaikan masalah ia bisa menjadi sosok yang tangguh.

Selain itu, belajar problem solving membuat si kecil juga dapat mengenal situasi yang lebih menantang untuk diselesaikan dengan kemampuannya sendiri. Sehingga si kecil akan terbiasa menyelesaikan masalahnya tanpa bantuan orang lain.

Rahasia Agar Si Kecil Tumbuh Jadi Anak yang TangguhFoto: dok nutrilon

Faktor penting lainnya adalah pembentukan karakter sejak dini. Penanaman karakter ini untuk mempersiapkan si kecil menghadapi perubahan dan situasi tertentu dalam kehidupan seperti kegagalan, stres, tantangan, lingkungan baru yang sebaiknya diasah sejak dini. Dengan begitu si kecil akan lebih tangguh, percaya diri, mau mengambil risiko dan mandiri.

Nah, mengingat banyak tantangan yang akan dihadapi si kecil, peran Anda sebagai orang tua sangat penting untuk menyiapkan karakter resilent pada anak. Agar dapat memonitor sejauh mana perkembangan anak, orang tua bisa melakukan tes resiliensi di sini. (ega/ega)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi