sign up SIGN UP search


parenting

Isi Waktu Anak di Rumah saat Pandemi COVID dengan Main 3 Alat Musik Ini Yuk

Meita Fajriana Selasa, 06 Jul 2021 12:47 WIB
Beautiful toddler sitting on the blanket playing xylophone smiling at kindergarten caption

Tahukah Bunda ternyata bermain alat musik dapat merangsang keterampilan dan kecerdasan otak anak. Si kecil dapat mendengarkan musik sembari memainkannya, hal ini menjadi pengalaman kompleks baginya. Apalagi di masa pandemi COVID-19 kini yang mengharuskan kita untuk selalu tetap berada di rumah saja. Bermain alat musik bisa mengisi waktu anak agar mereka tidak bosan sekaligus menambah kecerdasan mereka.

Nah, untuk itu Bunda bisa perkenalkan alat musik melodis yang dapat membantu anak menjadi lebih kreatif. Apa saja alat musik melodis yang tepat untuk anak? Simak terus penjelasannya ya Bunda.

Melansir dari laman Fractuslearning, musik mengajarkan banyak keterampilan kepada anak-anak. Belajar bermain musik membutuhkan komitmen dan disiplin. Butuh waktu dan usaha untuk melatih keterampilan si kecil. Anak-anak dapat belajar ritme, ketukan, pengenalan pola, dan bahkan matematika dari musik. Alat musik untuk anak-anak juga dapat membantu menumbuhkan keterampilan sosial sambil berkolaborasi membuat musik bersama.


"Studi dalam ilmu saraf menunjukkan bahwa musik dapat meningkatkan fungsi otak pada anak-anak. Kegiatan musik seperti memainkan alat musik, bernyanyi atau hanya mendengarkan musik merangsang otak, dan latihan otak ini mengarah pada perbaikan struktur otak dengan pembentukan koneksi saraf baru," kata Seunggu Han, MD ahli saraf di New York dikutip dari laman Healthline, Senin (21/6). 

Sering kali orang tua merasa menambahkan musik ke jadwal harian anak akan merepotkan. Tapi Bunda perlu tahu, ada begitu banyak manfaat mendorong anak belajar bermain musik. Selain itu, terdapat begitu banyak alat musik untuk anak-anak. Bunda bisa memilihkan yang tepat dan sesuai untuk anak Bunda.

Untuk memilih starter kit alat musik yang tepat untuk anak Bunda, berikut adalah deretan alat musik terbaik untuk anak-anak yang bisa Bunda kenalkan pada si kecil. 

1. Xylophone

Anak-anak sering mengenali melodi lagu sebelum mereka memahami kata-katanya. Xylophone adalah alat musik yang dapat diambil dan dimainkan setiap anak. Kebanyakan xylophone saat ini dirancang dengan warna-warna cerah atau animasi yang akan membuat anak Bunda tertarik secara otomatis.

Untuk tahu alat musik lainnya, klik halaman selanjutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang aktivitas Fairuz Rafiq dan Thalita Latief bermain bersama anak di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



ISI WAKTU ANAK DENGAN BERMAIN 3 ALAT MUSIK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!