parenting

Pahitnya Masa Kecil Putri Diana, Ibunda Pergi untuk Menikah Lagi

Muhayati Faridatun Minggu, 03 Nov 2019 08:40 WIB
Pahitnya Masa Kecil Putri Diana, Ibunda Pergi untuk Menikah Lagi
Jakarta - Pahitnya kehidupan tak hanya dirasakan Putri Diana sejak menjadi anggota keluarga Kerajaan Inggris. Ternyata sejak kecil, Princess of Wales sudah merasakan pengalaman pahit lantaran orang tuanya bercerai.

Orang tua Putri Diana, Frances Roche dan John Spencer, yang kemudian bergelar Earl Spencer ke-8, menikah di Westminster Abbey, London, pada 1954. Pernikahan mereka bermasalah dan akhirnya, Roche meninggalkan Spencer untuk menikah dengan kekasihnya, Peter Shand Kydd.

Roche dan Spencer resmi bercerai pada 1969, saat Diana baru menginjak usia 8 tahun. Di tahun yang sama, Roche menikah lagi dengan Kydd. Diana dan ketiga saudara kandungnya lantas menjadi korban perebutan hak asuh antara kedua orang tua mereka.


Dalam film dokumenter Royal House of Windsor, diketahui bahwa ibunda Diana kalah dalam pertarungan yang sangat sengit. Ia pun harus menyerahkan hak asuh keempat anaknya kepada Spencer.

"Diana kemudian mengakui bahwa dia dihantui oleh momen saat ibunya pergi," ucap narator film Gwilym Lee, dikutip dari Cheat Sheet.

Diana dan ketiga saudara kandungnya, Charles, Sarah, dan Jane, kemudian tinggal bersama sang ayah. Mereka pun menghabiskan sebagian besar waktu bersama pengasuh. Lee meyakini, kondisi ini sangat memengaruhi perkembangan Diana.

"Kekurangan Diana berasal dari masa kecil yang bermasalah," kata Lee.

Putri Diana dan Pangeran CharlesPutri Diana dan Pangeran Charles/ Foto: Instagram @princess.diana.forever
Hal ini pun diakui Penny Junor, seorang penulis biografi Kerajaan Inggris. Ia bahkan mengklaim Diana telah rusak dengan apa yang terjadi pada pernikahan orang tuanya.

"Secara mental, dia dirusak oleh pengalamannya. Dan kemudian pindah ke keluarga kerajaan adalah skenario terburuk untuknya," tutur Junor.

Pakar kerajaan Sally Bedell Smith juga mengatakan, "Salah satu bagian paling menyedihkan dari kehidupan Diana yang pendek dan bergejolak adalah kegagalan orang-orang di sekitarnya, keluarga dan teman."

Setelah 7 tahun bercerai, tepatnya pada 1976 ayah Diana baru menikah lagi dengan Raine Spencer. Selain dikenal sebagai sosialita, Raine juga seorang politisi. Pernikahan mereka bertahan 16 tahun dan bercerai pada 1992.

Sedangkan ibu kandung Diana juga bercerai dengan suami keduanya pada 1990. Frances tidak menikah lagi hingga meninggal dunia pada 3 Juni 2004, setelah berjuang melawan penyakit Parkinson dan tumor otak.


Bunda, simak juga film dokumenter Putri Diana dari kacamata Pangeran William dan Pangeran Harry, dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi