parenting

5 Taman di Jakarta Tempat Piknik Seru Bareng Keluarga

Maya Sofia Sabtu, 09 Nov 2019 08:20 WIB
5 Taman di Jakarta Tempat Piknik Seru Bareng Keluarga
Jakarta - Sedang mencari taman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di area Jakarta? Di tengah padatnya 'hutan beton', Jakarta menyimpan sederet taman asri yang bisa menjadi lokasi piknik Bunda dan keluarga. Taman-taman itu tersebar mulai dari kawasan Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, hingga Jakarta Utara.

Selain dipenuhi pepohonan yang rimbun, kebanyakan taman-taman di Jakarta telah dilengkapi dengan fasilitas untuk berolahraga hingga area bermain anak. Wah cocok nih untuk mengisi akhir pekan Bunda dan si kecil. Penasaran Bun? Yuk simak selengkapnya taman-taman di Jakarta berikut dikutip dari berbagai sumber. 

1. Taman Tebet


Taman Tebet. (Foto: Faela Shafa)

Di daerah Jakarta Selatan, tepatnya di antara jalan Tebet Barat Daya dan Jalan Tebet Timur Raya, terdapat taman seluas 1.800 meter per segi. Dahulu taman tersebut dikenal dengan Taman Honda, namun saat ini telah berganti nama menjadi Taman Tebet.

Mengutip Jakarta-Tourism, Taman Tebet dibangun pada 1960. Namun pembangunannya sempat tertunda pada 1970 dan sempat menjadi pemukiman liar hingga 2006.

Kemudian pada 2010, Gubernur DKI Jakarta saat itu, Fauzi Wibowo akhirnya meresmikan Taman Tebet. Di kawasan taman ini, terdapat anak sungai yang mengalir dari arah Pasarminggu menuju Manggarai.

Seiring perkembangan Taman Tebet sekarang telah menjadi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Sebuah ruang publik yang dilengkapi ruang terbuka hijau, taman dengan arena bermain untuk anak dan berolahraga.

Selain itu di Taman Tebet juga tersedia musala, kamar mandi, gazebo, hingga fasilitas terapi refleksi. Cocok sebagai tempat piknik Bunda dan keluarga.

2. Taman Cattleya

Lanjut ke daerah Jakarta Barat. Di tengah kawasan yang padat, terselip sebuah taman hijau. Taman Cattleya atau tersohor juga dengan nama Taman Tomang adalah objek wisata yang dilengkapi dengan banyak fasilitas untuk berolahraga.

Taman Cattleya buka selama 24 jam dan dilengkapi jogging track, arena bermain anak, danau buatan, hingga taman bunga.

3. Taman di kawasan Monas

Taman di kawasan Monas. (Foto: Dok. Instagram Sandiaga Uno)

Kawasan Monas di Jakarta Pusat tak hanya berupa tugu yang menjulang tinggi seperti anggapan banyak orang. Di kawasan ini juga terdapat beberapa taman yang terkadang luput dari sorotan.

Misalnya saja Taman Medan Merdeka yang berada di sisi selatan atau tepatnya kawasan Monas yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan. Saat ini taman tersebut telah dihiasi dengan berbagai bunga cantik.

Kemudian tak jauh dari sana, terdapat Taman Rusa seluas 5,2 hektare yang masih berada di dalam kawasan Monas. Di sini, Bunda bisa mengajak si kecil melihat puluhan rusa tutul.

Berjalan ke sisi timur Monas, Bunda bisa menemukan taman refleksi yang dipenuhi batu kerikil. Taman ini diminati oleh para pengunjung yang sudah lanjut usia.

4. Taman Kembang Sepatu
Taman Kembang Sepatu. (Foto: Hasan Alhabshy)

Beralih ke kawasan Jakarta Timur, Bunda dan keluarga bisa menikmati piknik di sebuah taman asri bernama Taman Kembang Sepatu. Lokasinya berada di Jalan Pagelarang, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Seperti taman lainnya di Jakarta, Taman Kembang Sepatu juga menyediakan area bermain untuk anak, jogging track. Selain itu Bunda juga bisa melepas lelah dengan beristirahat di gazebo yang terdapat di taman tersebut.

5. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk. (Foto: Wahyu Setyo)

Kawasan Jakarta Utara juga punya taman yang tak kalah indah. Di sana terdapat Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk yang berlokasi tepatnya di Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk.

Saat menginjakkan kaki di taman seluas 99,82 hektare tersebut, Bunda akan dimanjakan dengan pemandangan hutan mangrove yang hijau. Jangan lewatkan juga berkeliling menyusuri kawasan mangrove dengan perahu.

[Gambas:Video Haibunda]

(som/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi