parenting

Keajaiban! Idap Penyakit Langka, Putri Joanna Alexandra Mulai Berjalan

Yuni Ayu Amida Selasa, 26 Nov 2019 18:20 WIB
Keajaiban! Idap Penyakit Langka, Putri Joanna Alexandra Mulai Berjalan
Jakarta - Merawat anak berkebutuhan khusus pastinya bukanlah hal mudah. Seperti yang dialami aktris Joanna Alexandra dalam membesarkan buah hatinya, Ziona Eden, yang kini berusia 2,5 tahun.

Saat usianya 11 bulan, Ziona didiagnosis campomelic dysplasia (CMD). Penyandang CMD biasanya tidak bisa bertahan hidup saat usia neonatal. Tapi Ziona membuktikan bahwa ia mampu menunjukkan perkembangan positif.


Perkembangan Ziona ini pun kerap diunggah Joanna di akun Instagram pribadinya. Seperti baru-baru ini, Joanna memperlihatkan putri bungsunya yang mulai belajar berdiri bahkan berjalan, yang baginya tentu hal ini adalah keajaiban.


"This short clip deserves to have its own place in my feed because, ZIONA YOU ARE A LIVING, BREATHING, (dan sebentar lagi walking) MIRACLE!!" tulis Joanna.

Istri Raditya Oloan ini juga menceritakan, putrinya beberapa minggu ini rutin latihan bersepeda. Nampaknya terapi sepeda tersebut membuahkan hasil positif. Otot kaki Ziona semakin kuat dan mulai bisa bergerak.

"Baru beberapa minggu latihan gowes sepeda (setiap gowes itu bisa 30-40menit gowes teruuuss... sampe yang dorong aja juga ikutan capek). Sepertinya ngefek banget di Zio. Karena otot kakinya jadi semakin kuat, gerakan melangkah kiri kanan juga semakin terkoordinasi.... Sekarang bentukannya udah beginiiii Gemblut melangkah2 kecil sambil dipegangin mama, sambil nyengir dulu dong ke kamera," kata Joanna.
Keajaiban! Idap Penyakit Langka, Putri Joanna Alexandra Mulai BerjalanKeajaiban! Idap Penyakit Langka, Putri Joanna Alexandra Mulai Berjalan /Foto: instagram

Wah, tentunya perkembangan positif yang terjadi pada Ziona ini adalah hal yang membahagiakan, hasil dari pengorbanan kedua orang tuanya. Dilansir Quora, menurut psikolog Shaifali Verma, bagi orang tua, pengorbanan yang dilakukan untuk anaknya merupakan bentuk dari ungkapan cintanya.

Bagi orang tua, kebahagiaan mereka adalah melihat anaknya bahagia. Selain itu, sebuah pengorbanan merupakan ekspresi dari seseorang yang tidak bisa datang begitu saja dengan mudah tanpa adanya ikatan emosional, seperti hubungan orang tua dan anak yang sangat kuat.

"Cinta orang tua dikatakan sebagai bentuk cinta 'tanpa pamrih'. Oleh karena itu, bagi mereka, sebuah pengorbanan adalah sesuatu yang alami, yang memang timbul dari diri mereka sendiri," terang Shaifali.

Keajaiban! Idap Penyakit Langka, Putri Joanna Alexandra Mulai Berjalan
Simak juga intimate interview dengan Joanna Alexandra, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi