parenting

9 Bahan Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

Annisa Karnesyia Senin, 02 Dec 2019 19:57 WIB
9 Bahan Makanan Penambah Nafsu Makan Anak 9 Bahan Makanan Penambah Nafsu Makan Anak/ Foto: Istock
Jakarta - Anak yang kehilangan nafsu makan bisa menjadi masalah besar, Bun. Kurangnya nutrisi bisa memengaruhi gizi dan kesehatan anak.

Penulis buku Food Allergy Kitchen Wizardry, Jeanette Bradley mengatakan, tidak normal jika anak yang sedang tumbuh menolak makan dalam waktu lama. Anak-anak dalam keadaan normal, selalu lapar setiap beberapa jam.

"Anak yang menolak untuk makan, kemungkinan besar menjadi tanda adanya masalah medis," kata Bradley, dikutip dari Very Well Family.


Beberapa penyebab medis adalah virus, konstipasi, alergi, eosinophilic esophagitis, gangguan makan seperti anoreksia nervosa, sensitif terhadap makanan, dan kondisi lainnya. Selain itu, memang ada anak yang menjadi pemilih dalam urusan makanan.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah mencari bahan makanan untuk meningkatkan nafsu makan. Dilansir Firstcry Parenting, berikut 9 bahan makanan tersebut.

1. Air Lemon

Air lemon bisa membersihkan langit-langit mulut, dan mengembalikan nafsu makan dengan cepat. Bunda bisa membuat air atau jus lemon untuk anak. Cukup beri satu gelas dapat membuat sistem pencernaan aktif dan anak jadi mau makan.



2. Plum

Plum dikenal untuk meningkatkan nafsu makan. Nutrisi yang terkandung di dalamnya dan rasa yang khas bisa meningkatkan nafsu makan.

3. Buah persik

Buah yang sulit didapatkan ini bisa membantu menambah nafsu makan pada anak, Bun.

9 Bahan Makanan Penambah Nafsu Makan Anak9 Bahan Makanan Penambah Nafsu Makan Anak/ Foto: iStock
4. Biji labu

Kandungan zinc dalam biji labu bisa memengaruhi proses pencernaan. Sedikit biji labu yang dikonsumsi sudah bisa meningkatkan nafsu makan.

5. Jus wortel

Wortel telah dikenal sebagai bahan makanan yang bisa meningkatkan nafsu makan. Cukup dibuat jus dan diminum 30 menit sebelum makan ya.

6. Kacang-kacangan

Kandungan zinc dalam kacang-kacangan baik untuk kesehatan. Namun, jika si kecil berusia kurang dari 1 tahun atau memiliki alergi, sebaiknya tanyakan ke dokter.

7. Jahe

Jahe merupakan bahan multifungsi yang digunakan dalam ilmu kesehatan di India (ayurveda). Ditambahkan sedikit susu, jahe bisa mengembalikan sistem pencernaan yang menurun.

8. Kunyit

Kunyit berfungsi mengobati banyak hal mulai dari infeksi hingga gangguan pencernaan. Cukup mencampurkan kunyit dengan ghee (mentega yang dibuat susu sapi) dan memberikannya pada anak sebelum makan dapat mengembalikan nafsu makan.

9. Kayu manis

Kandungan hydroxychalcone dalam kayu manis dapat meningkatkan nafsu makan. Bunda bisa campurkan bahan ini dengan makanan anak ya.

Mau lebih tahu lebih jauh soal diet mediterania? Cek video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

Simak juga kisah unik k-pop dengan klik banner di bawah ini.

9 Bahan Makanan Penambah Nafsu Makan AnakFoto: Istimewa
(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi