sign up SIGN UP search


parenting

7 Cara Mengenalkan Jenis Makanan Baru pada Anak, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Sabtu, 06 Feb 2021 16:31 WIB
Mother feeding child vegetables. Mom feeds kid in white kitchen with window. Baby boy sitting in high chair eating healthy lunch of steamed carrot and broccoli. Nutrition, vegetarian diet for toddler caption
Jakarta -

Si kecil menolak makan usai dikenalkan jenis makanan baru? Bunda tak perlu khawatir ya. Kondisi ini normal terjadi pada balita dan anak-anak.

Ahli diet Ashley Kim mengatakan, balita dan anak usia muda mulai bisa mengatakan 'tidak' saat waktu makan. Cara ini dilakukan untuk menegaskan kemandirian mereka saat mulai mengembangkan preferensi makanan.

"Ini bisa menjadi tantangan untuk makan di atas meja bersama semua orang. Nafsu makan dan preferensi anak dapat bervariasi setiap hari dan itu tidak masalah," kata Kim, dilansir Childrens.


Kim menegaskan bahwa setiap anak itu berbeda. Membesarkan anak untuk makan berbagai macam makanan membutuhkan waktu, kesabaran, dan pengulangan.

"Terus berikan berbagai pilihanĀ makanan sehat pada waktu makan, terutama saat mereka belajar rasa dan tekstur mana yang disukai atau tidak," ujar Kim.

Mengenalkan jenis makanan baru pada anak memang membutuhkan proses yang tidak sebentar, Bunda. Mengutip Baby Gaga, berikut 7 tips cara mengenalkannya:

1. Berikan dalam porsi kecil

Jangan pernah coba menakut-nakuti anak saat mengenalkan jenis makanan baru ya. Anak yang tidak terbiasa dikenalkan dengan sesuatu yang baru dapat menolak.

Sebaiknya Bunda mulai dengan mengenalkan si kecil rasa daripada memberi banyak makanan. Saat memberi makan anak, orang tua selalu disarankan untuk memberi dengan porsi kecil tapi sering. Setelah terbiasa, kita bisa menambah porsi makanan.

2. Pastikan makanan memiliki rasa

Bunda dapat menambahkan mentega, keju atau saus ke dalam makanan baru. Makanan yang memiliki rasa tidak akan membuat si kecil kehilangan nafsu makan.

Saat mengenalkan makanan baru, kita bisa mengiming-imingi anak dengan menambahkan sedikit rasa. Penggunaan bumbu yang ramah anak dan sehat dapat digunakan ya.

Klik halaman berikutnya untuk tahu 5 cara lainnya, Bunda.

Simak juga penyebab dan tips mengatasi anak GTM, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Cha Eun Woo



Cara Mengenalkan Jenis Makanan Baru pada Anak
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi