parenting

Kasus Shalfa Avrila, Menteri PPPA: Uji Keperawanan Sejak Dahulu Tak Ada

Maya Sofia Rabu, 04 Dec 2019 10:02 WIB
Kasus Shalfa Avrila, Menteri PPPA: Uji Keperawanan Sejak Dahulu Tak Ada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga/ Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Kasus atlet senam Shalfa Avrila Siani yang dipulangkan dari pelatihan karena isu tidak perawan masih terus bergulir. Pihak Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan pelatih membantah tudingan itu dengan mengatakan bahwa pemulangan Shalfa karena faktor indisipliner.

Namun, kabar soal Shalfa dan tes keperawanan sudah terlanjur beredar. Soal kasus ini, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga akan segera mengecek kebenarannya. 


"Itu pun sudah kita tanyakan kebenarannya kalau terkait dengan uji keperawanan ini datangnya dari mana. Menpora juga belum tahu ini datangnya dari mana," kata I Gusti Ayu Bintang dikutip dari detikcom.


Sebagai mantan atlet, I Gusti Ayu Bintang tak pernah mendengar adanya uji keperawanan untuk olahragawan perempuan. Itu sebabnya, isu tersebut terdengar aneh di telinganya.

"Saya mantan atlet, saya dua periode adalah pembina atlet pengurus. Uji keperawanan dari sejak zaman dahulu kala itu tidak pernah ada," ujarnya.

Sebelumnya Pelatih Pelatnas, Zahari, menyatakan bahwa dikeluarkannya Shalfa dari tim atlet SEA Games 2019 bukanlah karena tidak perawan, melainkan karena Shalfa dinilai tidak disiplin dan performanya menurun.

"Hubungan antara Shalfa, pelatnas dan perawan itu, tidak ada sama sekali. Shalfa tidak ikut untuk SEA Games dikarenakan indisipliner sama masalah penurunan performa saat Kejurnas (Kejuaraan Nasional) dan pertandingan," tutur Zahari.

Kasus Shalfa Avrila, Menteri PPPA: Uji Keperawanan Sejak Dahulu Tak AdaShalfa Avrila Siani mengaku dipulangkan dari pelatihan karena dianggap tak perawan. (Foto: Andhika Dwi Saputra)

Zahari juga menjelaskan bahwa ia sama sekali tidak pernah mengatakan kepada orang tua Shalfa terkait anak mereka tidak perawan. Menurutnya ini semua murni salah paham.

"Di saat kita menuliskan untuk pergantian Shalfa itu tidak ada kalimat yang berhubungan dengan tidak perawan, sama sekali. Kejadian ini sangat membuat kita terpukul saat di Filipina, semua pada bingung, kok ada masalah ini," katanya.

"Coba diperhatikan lagi ucapan dari orang tua Shalfa, itu laki-laki yang namanya Zahari atau yang lain?" ujar dia.

Untuk informasi terkini soal Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Bunda bisa klik di banner di bawah ini.

Kasus Shalfa Avrila, Menteri PPPA: Uji Keperawanan Sejak Dahulu Tak Ada

Cek juga tips agar tidak mengalami kram saat berolahraga dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi