parenting

5 Rekomendasi Tempat Liburan Murah dan Edukatif di Bogor

Asri Ediyati   |   HaiBunda

Minggu, 22 Dec 2019 09:20 WIB

Jakarta - Sejak zaman kolonial Belanda, Bogor sudah dikenal sebagai pusat pendidikan dan penelitian. Enggak heran, daerah di Jawa Barat ini memiliki banyak wisata edukatif. Nilai plusnya, wisatanya begitu terjangkau. Jadi cocok buat Bunda dan keluarga yang sedang liburan on budget.

Nah, jika Bunda ingin berkunjung ke Bogor, bisa nih mampir ke beberapa tempat yang edukatif bagi anak dan keluarga. Apa saja? Berikut lima tempat liburan murah dan edukatif di Bogor.


1. Museum Kepresidenan Balai Kirti

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Jika Bunda berkunjung ke Istana Kepresidenan RI Bogor, sempatkan untuk mampir ke bagian belakangnya. Ya, Museum Kepresidenan Balai Kirti berada di belakangnya. Seperti namanya, museum ini berisi tentang sejarah presiden-presiden Indonesia dari masa ke masa.

Nah, untuk berkunjung ke sana, Bunda perlu lapor diri dengan mengajukan kepada pengelola via email. Museum ini buka dari Selasa hingga Minggu.

2. Museum Zoologi

Museum ini berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda no. 9 Bogor. Bunda dan si kecil bisa melihat dan mempelajari koleksi flora dan fauna purba yang lengkap di sini. Museum ini menyatu dengan Kebun Raya Bogor.

3. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Di atas tadi telah disebutkan Bogor sebagai pusat penelitian. Yup, penelitian yang dilakukan sebagian besar di bidang botani atau tumbuhan. Museum ini menyajikan perkembangan etnobotani di Indonesia. Jadi Bunda dan si kecil akan pelajari penggunaan tanaman oleh suku-suku di Indonesia zaman dahulu.
Kampung Budaya SindangbarangKampung Budaya Sindangbarang/ Foto: (Randy/detikTravel)

4. Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang merupakan kampung tertua di Bogor. Konon sudah ada sejak zaman Kerajaan Sunda pada abad ke-7. Di kampung ini Bunda dan si kecil bisa melihat peninggalan Kerajaan Pajajaran dan mempelajari kesenian Sunda.

Bunda juga bisa menikmati suasana desa yang tenang dan asri. Rumah-rumah di sana pun tergolong amat tradisional.


5. Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari disebut-sebut sebagai taman buah terbesar di dunia. Mengutip laman resminya, Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia.

Taman buah ini sekaligus merupakan tempat penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding) dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.

Gimana, Bunda? TertarikĀ liburan ke Bogor?

Simak juga cerita Mona Ratuliu manfaatkan liburan untuk sarana detoksĀ dari gadget:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT