sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Ajari Si Kecil Doa Safar untuk Memohon Keselamatan Selama Liburan

Muhayati Faridatun Jumat, 20 Dec 2019 12:20 WIB
Sebelum liburan bersama keluarga, sebaiknya Bunda ajari si kecil doa safar yakni doa bepergian jauh. Banyak juga amal yang bisa dilakukan selama perjalanan. caption
Jakarta - Alhamdulillah, si kecil sudah terima rapor. Bunda dan keluarga berencana liburan ke luar kota? Sebaiknya, ajari si kecil doa safar serta amalan-amalan yang bisa dilakukan selama perjalanan.

Dikutip dari detikcom, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, jika kita membaca doa safar sebelum bepergian akan senantiasa diberi petunjuk dan dilindungi Allah subhanahu wa ta'ala.


Secara harfiah, Safar berarti melakukan perjalanan dan orang yang melakukannya disebut musafir. Berikut doa safar seperti diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:


إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

"Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa: bismillaahi tawakkaltu 'alallahi laa haula walaa quwwata illaa billah (dengan menyebut nama Allah, yang tidak ada daya tidak ada kekuatan kecuali atas izin Allah), maka dikatakan kepadanya, 'Kamu akan diberi petunjuk, kamu akan dicukupi kebutuhannya, dan kamu akan dilindungi'. Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, 'Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi (oleh Allah)'" (HR. Abu Daud no. 5095, At Tirmidzi no. 3426; dishahih oleh Al-Albani dalam Shahih Abu Daud).

Dikatakan Ustaz Adi Hidayat, LC. MA, dengan berdoa sebelum dan selama bepergian, kita senantiasa memohon perlindungan dan memasrahkan diri kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

"Kalau kita baca dengan baik, ada kepasrahan dan tawakal. Kalau segala sesuatu tidak sesuai kehendak dan ikhtiar manusia, maka dengan doa, Allah akan memberikan kekuatan-kekuatan di dalamnya," jelas Adi, dikutip dari YouTube Channel Malaikat.

Ilustrasi bunda ajari doa safar selama liburanIlustrasi bunda ajari doa safar selama liburan/ Foto: iStock
Selain itu, Bunda dan keluarga juga perlu tahu adab-adab melakukan Safar berikut:

1. Safar tidak sendirian

Seorang muslim tidak dianjurkan melakukan safar sendirian. Sebaiknya mengajak teman perjalanan yang saleh agar terhindar dari maksiat.

2. Boleh menjamak salat

Saat melakukan safar, boleh menjamak atau menggabungkan salat yakni Zuhur dengan Asar, Maghrib dengan Isya. Sedangkan salat Subuh tetap dikerjakan pada waktunya.

3. Dianjurkan mengqasar salat

Musafir lebih dianjurkan mengqasar atau meringkas salat, yakni mengerjakan salat Zuhur, atau Asar, atau Isya hanya dua rakaat. Sedangkan salat Maghrib dan Subuh tidak bisa diqasar.

4. Salat di darat

Saat safar, salat wajib lima waktu dilakukan di darat dan tidak boleh di atas kendaraan. Karena saat dalam kendaraan, sulit menghadap kiblat dengan benar.

5. Perbanyak doa di perjalanan

Selama dalam perjalanan, Bunda dan keluarga dianjurkan memperbanyak doa. Seperti dirawayatkan Abu Hurairah radhiallahu'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda:

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لاَ شَكَّ فِيْهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ، وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ

"Ada tiga doa yang pasti dikabulkan dan tidak ada keraguan lagi tentangnya: doanya seorang yang dizalimi, doanya musafir, doa orang tua terhadap anaknya" (HR. Ahmad 2/434, Abu Daud no. 1536. Dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah).

Bunda, simak juga cerita istri Ustaz Yusuf Mansur tentang keinginan agar anak-anaknya menjadi penghafal Alquran, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi