sign up SIGN UP search


parenting

Ryan Kaji, Bocah 8 Tahun Jadi YouTuber Terkaya Berpenghasilan Rp363 Miliar

Annisa Karnesyia Minggu, 29 Dec 2019 20:15 WIB
Ryan Kaji dinobatkan jadi YouTuber termuda yang menempati peringkat pertama sebagai YouTuber terkaya di dunia. Apa saja sih konten Ryan yang buat dia sukses? caption
Jakarta - Bocah 8 tahun yang tinggal di Texas, Amerika Serikat (AS), Ryan Kaji dinobatkan sebagai YouTuber dengan penghasilan tertinggi di dunia. Ryan mendapat predikat ini dua tahun berturut-turut, Bunda.

Mengutip People, Ryan mengalahkan YouTuber ternama seperti PewDiePie, Jeffree Star, dan bocah lima tahun Anastasia Radzinskaya, yang terkenal dengan video bermainnya dengan sang ayah yang disajikan dalam berbagai bahasa. Dibandingkan dengan Radzinskaya yang menghasilkan pendapatan Rp251 miliar, sepanjang 2019 ini Ryan berhasil mengumpulkan Rp363 miliar.


Pendapatan Ryan ini meningkat Rp55 miliar lebih banyak dari tahun sebelumnya. YouTube channel Ryan sendiri memiliki 23 juta subscribers. Apakah Bunda sering dengar Ryan ToysReview, tontonan kegemaran anak-anak? Ya inilah bocahnya.


Konten Ryan pun beragam. Ada video dirinya saat berusia 3 tahun yang unboxing mainan, ada juga percobaan sains, bermain game, mengajar penonton untuk menyelesaikan tugas seperti menggosok gigi, dan masih banyak lagi.

Sejak memiliki YouTube channel pada 2015, Ryan menggunakan nama Ryan ToysReview sampai Oktober lalu. Setelah itu, dia memperluas mereknya menjadi mainan, pakaian, dan perlengkapan sekolah di Nickelodeon, berjudul Ryan's Mystery Playdate.

"Kami mengubah nama channel ini karena kami tidak hanya membuat video mainan. Kami juga melakukan eksperimen sains dan tantangan 'The Floor is Lava'," kata Ryan, beberapa waktu lalu.

"Kami juga membuat video edukasi, seperti 'Why Do Floods Happen?" sambungnya.

Dilansir CNBC Indonesia, di posisi kedua, Dude Perfect menduduki YouTuber dengan penghasilan tertinggi. Video di saluran ini menunjukkan aksi lima orang sahabat berusia 30-an yang memecahkan Guinness World Records.

Ryan KajiRyan Kaji/ Foto: Instagram/@ryantoysreview

Gamer Swedia, Felix Kjellberg, yang dikenal sebagai PewDiePie menduduki peringkat 7 dengan penghasilan Rp181 miliar. PewDiePie baru saja mengumumkan dirinya cuti dari YouTube karena merasa lelah.

Bicara soal media digital seperti YouTube, kita sebagai orang tua tentu boleh mengenalkan ke anak sejak dini. Namun, harus didampingi ya, Bunda.

Pendidik, psikolog, dan inisiator Kampus Guru Cikal, Najeela Shihab mengatakan, akses teknologi yang mudah terkadang tidak dipahami oleh semua orang tua. Orang tua harus mengenalkan pelan-pelan dan tidak selalu dilarang.

"Memulai pemahaman ilmu digital bisa dilakukan sejak dini, tapi idealnya memang saat anak kelas 3 atau 4 SD. Saat dia lebih dewasa, nantinya sudah memiliki bekal untuk menggunakan media digital secara positif," kata Najeela.


Nah, saat mengajak dan mengenalkan anak, orang tua harus memastikan kenyamanan anak. Menurut psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., Psikolog, jangan paksa anak jika tak mau dan tanyakan juga, apakah di kecil mau direkam atau tidak.

"Orang tua bertanggung jawab untuk melindungi privasi anak sampai anak bisa melindungi dirinya sendiri," kata Vera.

Simak juga cara mengatasi anak yang ketagihan gadget di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi