parenting

Momen Ahok Skin to Skin Contact dengan Bayinya, Yosafat Abimanyu Purnama

Yuni Ayu Amida Selasa, 07 Jan 2020 07:38 WIB
Momen Ahok Skin to Skin Contact dengan Bayinya, Yosafat Abimanyu Purnama
Jakarta - Kebahagiaan tengah dirasakan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan Puput Nastiti Devi atas kelahiran anak pertama mereka pada Senin (6/1/2020). Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut diberi nama Yosafat Abimanyu Purnama.

Sesaat setelah proses kelahiran sang putra, Ahok menyempatkan waktunya untuk melakukan skin to skin contact dengan bayinya tersebut. Ia meletakkan sang bayi di dadanya. Hal ini tampak dari unggahan di akun Twitter @Imadya.


"Selamat @basuki_btp atas kelahiran Yosafat Abimanyu Purnama. Semoga sehat dan menjadi berkah untuk banyak orang," tulis akun tersebut.


Momen Ahok Skin to Skin dengan Bayinya, Yosafat Abimanyu PurnamaMomen Ahok Skin to Skin dengan Bayinya, Yosafat Abimanyu Purnama/ Foto: Twitter


Melansir situs resmi Unicef, banyak manfaat dari skin to skin contact bagi seorang ibu dan bayi. Di antaranya dapat membantu bayi menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim dan sangat penting untuk mendukung ibu untuk memulai menyusui.

Skin to skin contact juga bisa membuat bayi dan ibu jadi lebih tenang dan relaks, serta membantu mengatur detak jantung dan napas bayi. Dengan skin to skin pencernaan serta nafsu makan bayi juga nantinya akan lebih baik.

Tapi rupanya, skin to skin contact enggak hanya untuk ibu dan bayi saja lho, tapi juga sangat bermanfaat jika dilakukan oleh ayah. Terkait skin to skin antara bayi dan ayah, menurut seorang doula, dr.Nils Bergman aktivitas ini sangat berdampak baik pada otak ayah.

"Bagi ayah, waktu yang dihabiskan bersama dan merawat bayi membantu proses ikatan," kata Bergman, dilansir Bellybelly.

Bergman menambahkan, saat ayah melakukan skin to skin dengan bayi mereka, akan terjadi peningkatan hormon dopamin. Dopamin bertanggung jawab atas banyak hal termasuk kesenangan atau kebahagiaan.

"Peningkatan dopamin ditambah pelepasan oksitosin berarti otak ayah menciptakan hubungan positif dengan interaksi yang erat dengan bayi," kata Bergman.

Skin to skin juga membantu insting pengasuhan alami ayah yang merupakan bagian penting dalam pengasuhan anak sejak dini. Hal ini pastinya akan berguna untuk hubungan biologis positif antara ayah dengan bayi.

(yun/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi