Sign Up search


parenting

Frekuensi dan Jumlah MPASI untuk Bayi Usia 6 Bulan

Asri Ediyati Rabu, 15 Jan 2020 20:00 WIB
Frekuensi dan Jumlah MPASI untuk Bayi Usia 6 Bulan caption
Jakarta - Ketika bayi sudah berusia enam bulan, bisa duduk dengan leher tegak dan mulai kepo dengan makanan, berarti sudah saatnya memberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Ya, kebutuhan energi anak usia enam bulan sudah tak bisa dicukupi dengan ASI saja, Bunda.

Mengutip buku panduan Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPAS) IDAI, kebutuhan energi anak enam bulan mencapai 600 kkal/hari. Sedangkan ASI hanya menyediakan kurang dari 600 kkal/hari.


Sinyal lainnya anak butuh MPASI adalah anak menjadi lebih lapar dan tetap menunjukkan tanda lapar seperti gelisah dan tidak tenang walaupun ibu sudah memberikan ASI secara rutin.


Nah, untuk memulai pemberian MPASI, Bunda perhatikan jumlah kalori per hari yang diperlukan dari MPASI yaitu 200 kkal per hari.

Untuk frekuensinya, Bunda bisa berikan MPASI dua kali sehari. Untuk jumlahnya, berikan dua sampai tiga sendok MPASI dalam sekali makan sebagai awalan.

Kemudian untuk tekstur, mulai MPASI dengan makanan yang dihaluskan sehingga menjadi bubur kental (puree).

Nah, perlu dicatat nih, bayi masih dalam tahap adaptasi dengan MPASI, jadi Bunda harus sabar dan memberi dorongan pada bayi untuk makan.

"Jangan memaksa bayi untuk menghabiskan makanan," demikian ditulis di buku panduan IDAI.


Simak juga video tentang ikan pengganti salmon untuk MPASI:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi