sign up SIGN UP search


parenting

5 Bahaya Menunda Pemberian MPASI pada Bayi, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Minggu, 04 Jul 2021 08:10 WIB
Anak makan caption
Jakarta -

Makanan makanan pendamping ASI (MPASI) dapat diberikan ketika bayi berusia di atas 6 bulan ya, Bunda. Pemberian MPASI harus tepat dan sesuai usia anak.

Menurut Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), MPASI penting diberikan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bayi yang semakin bertumbuh. Memasuki usia 6 bulan, Bunda bisa mulai mengenalkan tekstur dan rasa makanan ke buah hati.

Kemenkes menjelaskan bahwa MPASI bisa diberikan setiap hari. Pada tahap pengenalan, Bunda bisa mulai memberikan makanan dengan tekstur yang lembut dan lunak agar mudah dikonsumsi dan dicerna oleh bayi.


Pemberian MPASI sebaiknya tidak ditunda ya, Bunda. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa transisi dari pemberian ASI eksklusif jadi MPASI biasanya dimulai saat bayi memasuki 6 bulan hingga 18 sampai 24 bulan.

Banner Vitamin Agar Terhindar dari Covid-19Banner Vitamin Agar Terhindar dari Covid-19/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

"Ini adalah masa ketika malnutrisi terjadi pada banyak bayi. Kondisi ini berkontribusi signifikan terhadap tingginya gizi buruk pada anak di bawah lima tahun di seluruh dunia," tulis WHO dalam laman resminya.

Sekitar usia 6 bulan, kebutuhan energi dan nutrisi bayi tidak bisa dicukupi dari ASI. Oleh karena itu, makanan pendamping diperlukan untuk memenuhi kebutuhannya.

Bayi pada usia 6 bulan juga secara perkembangan sudah siap untuk mengonsumsi makanan lain. Jika MPASI tidak diperkenalkan sekitar usia ini atau tidak diberikan secara tepat, maka pertumbuhan bayi bisa terhambat.

Pemberian MPASI terlalu dini tidak dianjurkan, begitu pun menundanya ketika anak sudah cukup umur. Bunda enggak perlu khawatir dengan sistem kekebalan tubuh bayi yang mitosnya bisa menurun karena diberikan MPASI saat usia 6 bulan.

"Sebuah tinjauan dari penelitian mengungkapkan bahwa menunda pemberian MPASI hingga usia bayi lebih dari 6 bulan, tidak akan memberikan perlindungan yang berarti," kata F.B. Monika dalam Buku Pintar ASI dan Menyusui.

Menunda MPASI bisa berdampak pada kemampuan makan dan perkembangan anak. Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya ya.

Simak juga pilihan ikan untuk MPASI selain salmon, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

BAHAYA MENUNDA MPASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi