Sign Up search


parenting

Hati Donita Remuk Lihat Dua Anak Terinfeksi Virus Bersamaan

Annisa Karnesyia Selasa, 04 Feb 2020 11:23 WIB
Hati Donita Remuk Lihat Dua Anak Terinfeksi Virus Bersamaan caption
Jakarta - Dua anak pasangan Donita dan Adi Nugroho, Athariz Alfarizqi Svarga Nugroho (4) dan Parvaiz Farezell Shaquill Nugroho (1) terinfeksi virus. Svarga dan Parva sudah seminggu sakit, Bun.

Hal ini diceritakan langsung oleh Donita di akun Instagram miliknya. Kejadian ini terjadi beberapa minggu setelah Donita sakit.


"Udah seminggu mas Vaga sama ade Parva sakit, demamnya ga turun2, batuk, pilek, mata merah. Sama persis kaya mommanya beberapa minggu lalu," tulis Donita.


"Tiap 4 jam sekali selalu deg2an soalnya demam mereka naik, bahkan 2 hari lalu tiba2 disaat yang bersamaan jam 2 pagi mereka komat kamit, menggigil, sambil kaya mengigau karena demam mereka mau naik, tangan kaki dingin, tapi badan panas bgt. Rasanya remuk hati, deg2an, sedih, takut kenapa2, terlebih mas vaga kl demam ada bakat kejang," sambungnya.

Saat kontrol kedua kali ke dokter, diketahui jika leukosit Parva turun. Meski begitu, Donita memutuskan tak ingin putranya dirawat karena agak takut rumah sakit, Bun.

"Dan ternyata kl pun dirawat pertimbangannya kamar rumah sakit jg rata2 penuh dan hampir sebagian besar pasiennya anak kecil dengan kasus yg sama 'infeksi virus'," ungkap Donita.

Wanita 30 tahun itu berharap agar kedua buah hatinya cepat sembuh. Ia juga berpesan pada ibu-ibu lainnya untuk menjaga kebersihan karena virus bisa menyerang siapapun.

Unggahan DonitaUnggahan Donita/ Foto: Instagram

Benar banget, Bun. Siapapun bisa terserang virus atau sakit, namun anak kecil lebih rentan mengalaminya.

Menurut ahli penyakit dalam Sabrina Felson, MD, anak-anak bisa mengidap sekitar lima hingga tujuh kali demam per tahun. Sebagian besar alasannya karena mereka menghabiskan waktu di sekolah atau di tempat penitipan anak, di mana mereka berhubungan dengan anak-anak lain hampir sepanjang hari.

"Anak-anak tidak begitu sadar bersin atau seberapa sering mencuci tangan. Paling penting, sistem kekebalan tubuh mereka yang masih belum cukup kuat untuk melawan virus," kata Felson, dilansir WebMd.


Anak-anak memang sering terserang infeksi virus. Mengutip dari Parenting Firstcry, studi menunjukkan bahwa seorang anak selama masa pertumbuhannya dapat menjadi korban sekitar 12 penyakit virus dalam setahun. Anak-anak sering menjadi target virus segera setelah sembuh dari virus lain.

Namun, kejadian anak-anak yang tertular infeksi virus umumnya menurun seiring bertambahnya usia. Perawatan pada kondisi ini biasanya melibatkan manajemen gejalanya, Bun.

Dokter dapat memberikan obat oralit dan tablet Zinc jika terjadi diare, atau ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit dan demam tinggi. Kalau anak batuk dan pilek, dokter mungkin menyarankan sirup batuk dan obat tetes hidung.

Bunda juga bisa simak kabar anak AHY dan Annisa Pohan, Aira yang mengalami patah tulang dan harus menggunakan tongkat. Klik berita selengkapnya di sini ya, Bunda. Cek juga kabar terbaru Ririn Ekawati bersama dua putrinya setelah sang suami meninggal di sini.

Bunda, simak juga cara mengatasi anak demam, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi