Sign Up search


parenting

Ditolak Pulang ke Indonesia, Bagaimana Nasib Anak WNI Eks-ISIS?

Zika Zakiya Rabu, 12 Feb 2020 16:07 WIB
Ditolak Pulang ke Indonesia, Bagaimana Nasib Anak WNI Eks-ISIS? caption
Jakarta - Pemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, menyatakan tidak akan memulangkan WNI eks-ISIS, Rabu (12/2). Alasannya demi keamanan masyarakat dari ancaman terorisme, Bun.

Lalu, bagaimana dengan nasib anak-anak dari orang tua WNI eks-ISIS? Menurut Mahfud, pihaknya sudah menerima laporan mengenai laporan adanya ibu-ibu dan para anak di Turki. Namun, untuk pembuktian kewarganegaraannya, ibu dan anak itu tidak memiliki paspor.


"Tadi ada laporan dari Turki ada ibu-ibu semua anak-anak sekian. Berapa ya 5 atau berapa, tapi ndak ada paspor," ungkap Mahfud seperti dikutip dari detikcom.


Namun, dilansir ABC News Australia, untuk anak di bawah usia 10 tahun ternyata ada perlakuan berbeda, Bun. Disebutkan bahwa akan dilihat kasus per kasusnya mengingat ada anak di bawah usia tersebut yang sudah menjadi yatim piatu.

Pemerintah Indonesia menolak memulangkan 600 WNI eks-ISIS atas dasar hukum 'Penangkalan'. Di mana pasal yang digunakan adalah UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Keputusan itu sendiri tertuang dalam tiga putusan.

Mahfud MDMahfud MD/ Foto: Menko Polhukam Mahfud Md (Andhika Prasetia/detikcom)

"Jadi pemerintah kemarin keputusannya tiga kata. Satu, menjamin rasa aman dan nyaman bagi 267 (juta) warga negara yang hidup di Indonesia harus dilindungi oleh negara. Kedua, tidak memulangkan fighters kombatan yang tergabung dalam FTF di beberapa negara. Ketiga, mendata karena mendatanya dari lembaga internasional datanya tidak teridentifikasi pasti, cuma ada jumlah sekian," terang Mahfud.


Sebelumnya Bunda sudah tahu kan bahwa WNI eks-ISIS sempat minta dipulangkan ke Indonesia? Kebanyakan dari mereka yang meminta ini adalah wanita dan anak-anak. Menteri Agama, Fachrul Razi, juga sempat melontarkan wacana pemulangan ke-600 WNI tersebut. Namun, hal ini menimbulkan kontroversi. Keputusan tegas akhirnya dibuat hari ini, Rabu (12/2) oleh Pemerintah dengan menolak memulangkan mereka. 

Bunda yang menyukai nama-nama bertemakan Islam, simak yuk video berikut. Bisa menjadi inspirasi lho untuk nama anak yang indah:

[Gambas:Video Haibunda]





(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi