sign up SIGN UP search


parenting

6 Daftar Perlengkapan Popok Bayi Baru Lahir yang Bunda Harus Tahu

Annisa Karnesyia Rabu, 18 Mar 2020 12:16 WIB
Popok menjadi salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang mesti dimiliki. Simak daftar perlengkapan popok yang sebaiknya disiapkan sebelum bayi lahir. caption
Jakarta - Selain pakaian, popok menjadi perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan setelah melahirkan. Sebab, bayi baru lahir membutuhkan lebih banyak popok, Bun.

Menurut Spesialis Anestesiologi dan Perawatan Intensif Anna Klepchukova, MD, bayi baru lahir yang berusia kurang dari sebulan biasanya sering basah. Setidaknya hal ini terjadi sekitar enam kali atau lebih.


"Pada usia ini, bayi mungkin mengalami tiga hingga empat kali buang air besar dan buang air kecil setiap kali mereka makan," kata Klepchukova, dikutip dari Flo, Selasa (17/3/2020).


"Ini membuat bayi membutuhkan 10 hingga 12 popok sehari di satu bulan pertama setelah lahir," sambungnya.

Untuk bayi baru lahir, Bunda enggak cuma menyediakan popok saja. Ada beberapa perlengkapan lain yang sebaiknya dimiliki untuk menunjang kemudahan dan kesehatan si kecil.

Dilansir Babycenter, berikut 6 daftar perlengkapan popok bayi baru lahir yang Bunda harus tahu. Catat ya!

1. Popok

Bunda bisa menggunakan produk popok sekali pakai atau popok dari kain. Namun, kalau memilih popok sekali pakai, bisa gunakan dulu yang kecil dari beberapa jenis produk. Tujuannya untuk berjaga-jaga jika ada produk yang mengiritasi kulit bayi.

2. Tempat popok kotor

Dibandingkan harus membuang popok di tempat sampah dan bercampur dengan barang kotor lain, lebih baik beli tempat sampah sendiri khusus popok yang telah digunakan. Pilihkan tempat yang kedap udara agar bau tidak tercium.

Nah, kalau Bunda menggunakan popok kain, sebaiknya cari tempat sampah dengan bagian dalam yang bisa dicuci.

Ilustrasi mengganti popok bayiIlustrasi mengganti popok bayi/ Foto: thinkstock

3. Tisu dan krim popok

Bunda dapat menggunakan kain waslap atau tisu untuk membersihkan kulit bayi sebelum diganti popok. Namun, tisu harus yang tanpa aroma karena bisa mengurangi iritasi kulit. Siapkan juga krim popok untuk kulit bayi yang butuh perhatian khusus.

4. Ransel atau tas jinjing

Belilah tas yang cukup besar untuk menyimpan popok, tisu, pakaian ganti, botol susu, dan beberapa mainan untuk di kecil. Pertimbangkan berat tas dan fungsinya untuk mengatur semua barang bayi. Beberapa tas khusus popok memiliki lapisan anti air, bantalan ganti, dan dibuat khusus untuk dikaitkan pada stroller.

5. Handuk atau alas ganti

Beberapa orang tua menggunakan bantalan di atas meja untuk mengganti popok atau meletakkan handuk sebagai alas.


6. Perlengkapan lainnya

Perlengkapan lain yang bisa ditambahkan sebagai pelengkap adalah tisu penghangat yang berguna untuk tidak mengejutkan bayi saat diganti popok di malam hari. Selain itu, Bunda bisa menambahkan meja ganti dan diaper sprayer untuk membersihkan kotoran popok di toilet.

Bunda, simak juga tips membuat alas ganti popok, di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi