Sign Up search


parenting

Bun, Ini Cara Agar Anak Produktif Belajar saat Social Distancing

Alfi Kholisdinuka Selasa, 24 Mar 2020 17:31 WIB
Bun, Ini Cara Agar Anak Produktif Belajar saat Social Distancing Foto: shutterstock
Jakarta - Merebaknya wabah virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk meminta masyarakat melakukan social distancing atau mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah. Beraktivitas di tempat umum pun kini menjadi penuh tantangan dan risiko, termasuk bagi pelajar Indonesia.

Padahal di tengah pandemi ini para pelajar harus tetap produktif belajar agar nantinya bisa masuk sekolah atau bahkan perguruan tinggi favoritnya dengan mudah. Mengingat pentingnya faktor ujian dan kesehatan ini. Bunda pun harus bisa memberikan cara terbaik untuk anak agar ia bisa tetap merdeka belajar meski pada situasi saat ini.

Kabar baiknya di era saat ini ada pionir platfrom pendidikan berbasis teknologi (editech) di Indonesia yakni Zenius yang memberikan akses gratis ke 80 ribu video pembelajaran untuk pelajar kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA di situs website dan aplikasi. Bunda bisa mengarahkan dan memberi dukungan belajar di platform ini.



"Dalam kondisi saat ini, Zenius berupaya mengerahkan seluruh upaya terbaik kami untuk mendukung kebijakan pemerintah yang sementara waktu harus melakukan kegiatan belajar mengajar jarak jauh," ujar Chief Executive Officer Zenius Education Rohan Monga dalam keterangan tertulis, Selasa (24/3/2020).

Menurut Rohan, selain dapat diakses secara gratis mayoritas video pembelajaran juga dihadrikan dengan format whiteboard yang memerlukan kuota internet paling hemat, sehingga diharapkan dapat memudahkan akses seluruh siswa kelas 1 sampai 12 untuk belajar mandiri dan mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian pengganti UN.

"Jika sebelumnya belajar secara mandiri dianggap tidak terarah dan tidak terukur, Zenius pun merumuskan cara untuk membantu anak belajar mandiri di rumah yang efektif dan efisien, terarah dan terukur. Kami berharap dapat membantu lebih banyak pelajar, pembelajar, dan guru di Indonesia terutama di masa-masa kritis ini," papar Rohan.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjelaskan saat ini kerja sama penyelenggaraan pembelajaran secara daring dilakukan dengan berbagai pihak. Ia juga mengapresiasi langkah proaktif yang dilakukan di semua lini pemerintahan daerah serta para mitra di kalangan swasta.


"Dampak penyebaran Covid-19 akan berbeda dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Keamanan dan keselamatan peserta didik serta guru dan tenaga kependidikan itu yang utama. Kami menghargai mitra-mitra di sektor swasta yang secara sukarela mendukung sistem pendidikan nasional dan memastikan para siswa dapat terus belajar berdasarkan target yang telah ditetapkan oleh guru dan sekolah sesuai kebutuhan dan implementasi pembelajaran dengan bimbingan orang tua dan guru dari jarak jauh," jelas Nadiem.

Diketahui saat ini, Zenius juga menyediakan akses ke bank latihan soal terbesar untuk bahan pembelajaran mandiri siswa. Guru pun dapat turut membagikan konten berupa video pembelajaran dan latihan soal tersebut kepada siswa dan orang tua murid melalui berbagai platform media sosial yang ada, seperti grup WhatsApp.

Terhitung hingga Maret 2020, Zenius memiliki lebih dari 80.000 video pembelajaran untuk kelas 1 SD hingga 12 SMA sesuai kurikulum nasional. Tidak hanya video materi yang menekankan pemahaman konsep, Zenius juga menyediakan materi latihan soal serta pembahasan kumpulan soal-soal UN. Seluruh materi ajar ini dapat diakses secara gratis dalam program #SemuaBisaZenius yang diluncurkan pada Desember 2019 silam. (akfa/ziz)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi