sign up SIGN UP search


parenting

Anak Mulai Bosan Belajar di Rumah? Ini Trik Mengatasinya

Inkana Putri Rabu, 29 Apr 2020 12:33 WIB
belajar dengan anak caption
Jakarta - Memasuki bulan kedua belajar di rumah, anak-anak tentunya sering sekali merasa bosan. Apalagi ditambah dengan adanya PSBB, kegiatan belajar di rumah tentu akan diperpanjang sesuai dengan kebijakan pemerintah. Sebagai orang tua, Bunda tentu ingin anak tetap bersemangat dan fokus selama belajar di rumah.

Untuk mengusir rasa bosan belajar di rumah, cobalah untuk mendampingi anak selama ia belajar. Bunda juga bisa mengikuti beberapa ide yang dilansir dari The Guardian berikut, agar belajar di rumah menjadi seru dan mengasyikkan.

1. Buat Ruang Belajar yang Nyaman


Agar anak tetap fokus belajar, cobalah untuk sediakan ruangan khusus untuknya, buat ruangan selama belajar di rumah senyaman mungkin. Letakkan beberapa barang seperti lampu belajar, kotak pensil, atau jam meja yang dapat menunjang kegiatan belajarnya. Atau, Bunda juga bisa taruh sekotak camilan agar anak semakin giat belajar.



2. Atur Waktu dan Jadwal Belajar

Berbeda dengan belajar di sekolah, waktu dan belajar anak di rumah bisa menjadi lebih fleksibel atau lebih sibuk dari biasanya. Agar anak tidak bosan dan jenuh saat belajar di rumah, Bunda bisa bantu anak untuk mengelola waktu dan jadwal belajarnya. Bantu anak untuk mengatur jadwal belajarnya setiap hari dan pastikan ia mendapat waktu istirahat. Selama istirahat, biarkan anak menggunakan waktunya untuk menonton film, mendengarkan musik, atau hal lainnya.

3. Diskusi dengan Teman

Meskipun belajar di rumah, bukan berarti anak tidak bisa berdiskusi dengan teman-temannya. Terkadang, belajar di rumah bisa menimbulkan kesepian. Untuk itu, ada baiknya jika anak berdiskusi atau belajar bersama dengan temannya secara daring.

4. Pilih Aplikasi Belajar Online yang Interaktif

Selama belajar di rumah, kebanyakan siswa umumnya akan mengandalkan sistem online untuk mengakses pelajaran mereka. Bahkan, para guru pun juga akan memanfaatkan aplikasi online untuk membagikan tugas atau memberikan materi kepada anak. Namun, belajar dengan sistem online tentu akan berbeda dengan belajar di sekolah. Sistem belajar online biasanya jarang melibatkan guru untuk mengajarkan materi langsung kepada siswa.

ZeniusZenius/ Foto: Zenius

Hal inilah yang terkadang membuat para siswa kesulitan untuk mengerti materi. Untuk mengatasi hal ini, Bunda bisa memanfaatkan platform belajar online yang interaktif dengan sesi pengajaran yang menyenangkan. Salah satunya adalah Zenius. Selain memiliki berbagai macam video pembelajaran, Zenius memiliki fitur Zenius Live lengkap dengan live chat yang bisa membantu anak selama belajar di rumah.

Zenius Live menghadirkan para tutor yang tentunya akan memberikan materi dengan cara yang berbeda. Dengan adanya para tutor Zenius yang memberi materi secara live (siaran langsung), anak tentunya akan menjadi semangat belajar dan lebih mengerti tentang materi yang diajarkan. Selain itu, anak bisa langsung bertanya saat merasa kesulitan terkait dengan materi pembelajaran lewat fitur live chat. Hal ini telah dirasakan oleh siswi SMAN 3 Bandung, Vania Annisa Fadilla.



"Karena sekolah diliburkan lama banget, bosen banget belajar di rumah nggak ada yang nemenin. Paling aku hanya latihan soal, dan review konsep mata pelajaran kelas 10,11, dan 12 di Zenius. Dan semenjak adanya live class Zenius, aku semangat buat ngikutin tiap hari. Karena, belajar jadi serasa beneran ditemenin dan ngerti banget. Pengajarnya juga seru jadi belajarnya juga ikut seru abis. Semoga live class-nya diperpanjang jadi 1 jam," katanya.

Selain itu, berdasarkan hasil survei terhadap 199 pengguna Zenius Live, materi yang diajarkan di platform Zenius juga sudah berkualitas (nilai 4,28 dari 5). Informasi yang diajarkan pun sistematis dan sesuai dengan yang diajarkan di sekolah. Dengan begitu, anak pun jadi akan lebih mudah menangkap materi. Terbukti, 80,91% dari peserta live class mengakui ternyata terbantu dalam memahami pelajaran.

"Menurut saya, live class-nya Zenius itu rame, tidak hanya kegiatan belajar saja tapi juga ilmunya dihubungkan dengan contoh kehidupan sehari-hari. Jadinya lebih mudah membayangkan materi yang sedang dipelajari," ungkap siswa SMA Santa Maria 3 Cimahi, Gamaliel Adaran, salah satu peserta Zenius Live.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Bunda lakukan agar anak tidak bosan belajar di rumah selama PSBB. Simak juga video berikut mengenai data dan fakta Social Distancing.

[Gambas:Video Haibunda]



(prf/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi