sign up SIGN UP search


parenting

Cara Tepat Bersihkan Mainan Anak Sesuai Jenisnya

Melly Febrida Sabtu, 02 May 2020 15:48 WIB
Siblings browsing a digital tablet Ilustrasi cara tepat membersihkan mainan anak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/gpointstudio
Jakarta - Mainan begitu berharga bagi anak-anak. Apalagi mainan favoritnya, ke mana saja dibawa. Meski begitu, mainan juga bisa kotor, Bunda. Kuman, alergen, atau yang lebih buruk jamur bisa menempel di mainan.

Mainan itu berbeda-beda jenis bahannya, sehingga cara membersihkannya juga berbeda-beda. Begitu pula mainan yang sering dibawa anak ke kamar mandi.


Dikutip dari detikcom, sebuah studi di jurnal NPJ Biofilms dan Microbiomes memaparkan, benda-benda berlendir di dalam mainan mandi penuh dengan bakteri. Seperti Bradyrhizobium, Agrobacterium, Caulobacter dan Sphingomonas. Juga ditemukan Pseudomonas, yang biasanya dapat menyebabkan infeksi mata dan telinga pada manusia.


"Semua bahan plastik lunak ini memiliki pelunak yang disebut plasticizer di dalamnya, sehingga membuatnya fleksibel," kata Hammes, yang melakukan penelitian dengan lima peneliti lain di Institut Sains dan Teknologi Perairan Swiss.

Seberapa sering membersihkannya? Ini tergantung seberapa besar cinta anak ke mainan. Maksudnya, seberapa sering dimainkan. Kalau anak sakit atau terserang flu, mainan harus lebih sering dibersihkan dan Bunda perlu melakukannya lagi setelah anak pulih.

Apabila anak sehat, berikut pedoman membersihkan mainan, melansir dari Good House Keeping:

- Plastik keras dan mainan mandi paling mudah dirawat dan harus dibersihkan dan disanitasi setiap minggu jika dimainkan setiap hari.

- Mainan mewah bisa dicuci dengan mesin, sehingga mudah untuk mencucinya seminggu sekali, terutama jika anak-anak tidur dengan mainan, setiap minggu, atau sesuai kebutuhan. Tapi, untuk mainan yang tak bisa dicuci, Bunda cukup membersihkan saat dibutuhkan.

Mainan anakMainan anak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/AaronAmat

Cara bersihkan mainan

1. Mainan padat

Untuk cara membersihkan mainan plastik padat, seperti cincin karet, figur binatang, dan balok atau brick, dapat dengan mudah dibersihkan di rak teratas mesin cuci piring. Begini caranya:

- Untuk mainan besar, amannya letakkan di antara rak dan memasukkan potongan mainan kecil ke dalam tas jaring agar tidak berdesak-desakan dengan semprotan air yang kuat.

- Pilih siklus normal atau sanitasi dan keringkan dengan panas. Pastikan mengeringkan mainan secara menyeluruh, atau mengeringkan mainan yang mungkin keluar dari mesin pencuci piring dalam kondisi basah.

Bunda juga bisa mendisinfeksi atau membersihkan semua mainan plastik bayi dan anak-anak yang luntur, yakni dengan kain basah yang diberi larutan hidrogen peroksida 3 persen atau 1/2 cangkir pemutih klorin dan satu galon air.

Pastikan membiarkan permukaan mainan agar basah, setidaknya selama 10 detik, untuk disanitasi dengan lap atau untuk waktu yang disarankan pada label produk. Lalu selama lima menit untuk mendisinfeksi dengan larutan pemutih dan air, kemudian biarkan mengering di udara. Selalu buat larutan pemutih segar setiap kali mau menggunakan.

Walaupun ini semua cara aman untuk membersihkan dan mendisinfeksi mainan bayi dan anak-anak, setelah dikeringkan di udara, bilas dengan air hangat secara menyeluruh dan biarkan kering di udara. Ini akan menghilangkan sisa-sisa larutan pembersih.

Untuk mainan mandi yang berlubang di bagian bawah, sangat bermasalah. Saat air terperangkap di dalam, jamur tumbuh. Paling aman, hindari memberi bayi mainan berlubang, bahkan bebek karet di bak mandi. Tapi kalau memilikinya, pastikan untuk dengan kuat mengocok atau memeras air sebanyak mungkin, lalu keringkan secara menyeluruh setelah setiap kali digunakan.

Kalau Bunda melihat jamur di dalam mainan, atau keluar saat mengocok atau memerasnya, segera buang mainan itu.

2. Mainan mewah

Boneka binatang dan buku kain biasanya aman dibersihkan di mesin cuci. Mainan mewah yang kokoh dapat dicuci dan dikeringkan dengan pilihan siklus sanitasi (sanitizing), kalau tersedia di mesin yang Bunda punya. Tapi, banyak mainan mewah dilengkapi dengan label perawatan. Jadi, ada baiknya memeriksa rekomendasi untuk membersihkannya, terutama jika mainan itu baru.

Berikut cara membersihkannya di mesin cuci:

- Pertama, letakkan mainan mewah di sarung bantal untuk melindunginya dan mengikat bagian atasnya.

- Pilih siklus lembut, air hangat, dan putaran lambat.

- Keringkan mainan (di sarung bantal) dalam pengering.

- Untuk cara yang lebih lembut, gunakan pengering rambut dengan pengaturan panas dan kecepatan rendah.

Saat boneka mencapai tingkat cukup lembab, beralihlah ke pengaturan medium pengering rambut untuk mengembangkan bulu.

Bunda, jangan pernah mencuci mainan mahal dengan paket baterai yang masih terpasang, karena bisa bising atau komponen logam yang terkena air dapat merusaknya. Pastikan semua dekorasi dan kancing terpasang dengan benar, semua sobekan dan lubang telah diperbaiki.

Mainan anakMainan anak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/AaronAmat

3. Mainan yang tidak bisa dicuci


Beberapa mainan hanya bisa dicuci dengan tangan. Sebelum memasukkan mainan ke dalam mesin cuci, periksa ketahanan warna semua kain dan hiasan pada mainan dengan setetes air. Jika warnanya luntur saat Anda meneteskan air, jangan dicuci dengan mesin. Bersihkan saja yang kotor.

Boneka mainan halus yang hanya bisa dibersihkan permukaannya juga harus Bunda cuci dengan tangan. Berikut cara mencuci dan melihat boneka yang bersih:

- Celupkan kain ke dalam larutan hangat dan periksa seluruh mainan.

- Bilas mainan dengan kain yang telah Bunda celupkan ke dalam air jernih dan diperas dengan baik.

- Biarkan mainan mengering atau gunakan pengering rambut untuk membantu mempercepat pengeringan dan mengembangkan bulu.

- Untuk menghilangkan bakteri, tungau debu, dan alergen lain dari mainan mewah tanpa mencuci, gosok perlahan-lahan, lalu bersihkan mainan dengan vakum yang dilampiri pelapis.


4. Mainan elektronik

Sama seperti remote control TV, mainan elektronik biasanya hanya bisa dibersihkan permukaannya saja. Mulailah dengan mematikan dan melepas baterai apa pun, tetapi pasang kembali penutup kompartemen baterai) sebelum membersihkan. Begini caranya:

- Celupkan kain bersih ke dalam air sabun hangat dan diperas dengan baik, kemudian lap mainan untuk menghilangkan kotoran.

- Bersihkan ekstra di tombol yang lengket, celah sekitar tombol, berhati-hatilah untuk tidak membiarkan cairan meresap ke dalam komponen listrik.

- Bilas dengan kain lembap bersih, yang dipernis dengan baik, dan biarkan kering di udara.

- Untuk membunuh bakteri dan virus di permukaan, gunakan lap disinfektan, lap alkohol, atau celupkan kain bersih ke dalam campuran empat sendok teh pemutih klorin ke satu liter air. Peras kain dengan baik dan bersihkan mainan.

- Pastikan permukaan tetap basah selama lima menit atau sesuai label lap dan biarkan mengering. Jika mainan ini kemungkinan masuk ke mulut anak, bilas dengan kain bersih yang lembap dan biarkan mengering lagi.


Bunda, simak juga manfaat bermain puzzle untuk perkembangan otak anak, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi