sign up SIGN UP search


parenting

11 Aktivitas Menyenangkan untuk Bunda & Anak Selama di Rumah Aja

Melly Febrida Jumat, 01 May 2020 12:21 WIB
A young mother and her cute little daughter painting with colorful paints and having fun at home. caption
Jakarta - Belakangan ini, Bunda mungkin semakin sering mendengar si kecil bilang 'Aku bosan Bunda'. Hari-harinya kini hanya di rumah saja, tak lagi bermain dengan teman-temannya. Sebenarnya, kunci mengatasinya tak lain membuat anak-anak sibuk dengan hal-hal menyenangkan.

Setelah anak selesai dengan tugas home learning, bermain dengan mainannya, hingga menonton televisi, saatnya membuat anak kreatif. Meski anak-anak bosan, sebenarnya bisa begitu kreatif menciptakan mainan.


"Semua anak memang gampang bosan, apalagi kalau kemampuan intelektualnya baik," kata psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo, M.Psi., Psikolog, dikutip dari detikcom.


Sebenarnya, enggak cuma anak-anak yang bosan, orang dewasa yang terjebak di rumah juga mulai merasakan kebosanan. Bunda dan si kecil bisa mencoba mengisi waktu bersama-sama, yakni dengan melakukan aktivitas produktif yang menyenangkan seperti memasak dan membuat kerajinan.

Dikutip dari Countryliving, ide-ide di bawah ini merupakan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah saat merasa bosan. Aktivitas baik di dalam maupun di luar rumah, sehingga semua anggota keluarga tetap terhibur.

Anak mainAnak main/ Foto: Getty Images/EllenMoran
1. Bermain di taman belakang

Ada banyak hal menyenangkan yang bisa Bunda lakukan bersama anggota keluarga di belakang rumah. Ubah sebidang taman jadi tempat bermain di luar dengan permainannya. Bunda bisa meletakkan layang-layang atau kolam anak-anak. Jadi, Bunda dan anak-anak tak akan bosan lagi.

2. Panggangan lezat

Menghabiskan waktu di dapur salah satu cara yang menyenangkan. Bunda bisa mengajak anak terlibat ketika membuat kue yang disukai anak-anak.

3. Pesta keluarga

Semua anggota keluarga bisa diajak ikutan pesta kecil dengan mengadakan sesi camilan keluarga dadakan atau happy hour di teras, sambil mendapatkan udara segar yang sangat dibutuhkan. Kalau enggak ada teras, serambi kecil atau balkon juga bisa digunakan, atau cukup dengan membuka jendela untuk perubahan pemandangan.

4. Buat tempat tenang untuk membaca

Orang dewasa dan anak-anak juga layak mendapatkan tempat yang tenang untuk membaca buku. Yang Bunda butuhkan untuk membuat sudut baca yang ideal adalah kursi yang nyaman, pencahayaan yang baik (dekat jendela), serta rak buku dan majalah.

5. Pojok seni anak-anak

Menciptakan seni adalah kegiatan yang menyenangkan dan jangan takut rumah berantakan. Siapkan krayon, spidol, cat. Untuk menjaga agar kekacauan di satu tempat saja, buatlah area yang sudah ditentukan. Cari permukaan yang rata, dan gantung di papan buletin untuk memajang karya besar anak. Simpan persediaan ekstra di laci.

Ibu dan anak memasakIbu dan anak memasak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Pilin_Petunyia

6. Coba resep baru

Sekarang mau belajar masak bisa dari mana saja Bunda. Tak hanya buku, media sosial, atau situs online, tempat banyak resep bertebaran. Bereksperimenlah dengan memasak dan ajak anak ikut terlibat.

7. Menanam bunga

Keluarlah dan buat tangan menjadi kotor. Udara segar dan koneksi langsung ke alam dapat membantu menjernihkan pikiran, entah menanam di pot besar atau menanam sayuran, atau menanam bunga favorit Bunda.

8. Tata ulang furnitur

Apabila Bunda bosan dengan penampilan yang sama dari sofa, coba atur ulang furnitur di rumah. Mempertimbangkan di mana ventilasi dan outlet listrik berada. Kalau Bunda tidak menyukainya, masih bisa memindahkannya kembali.

9. Atur dapur

Mengatur peralatan di dapur agar rapi tentu menyenangkan. Untuk sekelompok orang tertentu, membersihkan dan mengatur dengan gaya Marie Kondo sama memuaskannya. Simpan apa yang benar-benar Bunda butuhkan dan cintai.

10. Lakukan hobi baru

Bunda bisa memulai melakukan hobi baru baik itu rajutan, sulaman, atau menjahit. Sekaranglah saatnya untuk mencoba sesuatu yang baru.

11. Galeri gantung

Ubah dinding kosong menjadi titik fokus baru di rumah. Untuk mengatur karya seni, aturan umumnya adalah apa pun bisa terjadi. Cobalah mengelompokkan seni berdasarkan tema, warna, atau bahan bingkai untuk tampilan yang lebih kohesif.


Bunda bisa juga mengajak si kecil menata ulang kamar tidurnya. Simak tips dalam video berikut ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi