sign up SIGN UP search


parenting

Curhat Enno Lerian Agar Hati Tetap Tenang Meski Rumah Berantakan

Annisa Karnesyia Selasa, 15 Sep 2020 18:30 WIB
Enno Lerian Curhat Enno Lerian Agar Hati Tetap Tenang Meski Rumah Berantakan/ Foto: Sunandi Mimo/20detik
Jakarta -

Enno Lerian mengaku bahwa rumahnya sering banget berantakan nih, Bunda. Gimana enggak? Enno memiliki empat anak laki-laki dan tiga di antaranya masih kecil.

Wanita 36 tahun ini ternyata pingin punya rumah yang rapi. Tapi memahami anak-anaknya masih kecil, dia mencoba mencari trik untuk tetap tenang.

"Siapa sih yang gak kepengen rumah selalu rapih??? Kalau liat rumah berantakan hati rasanya juga berantakan, trus kalau liat mainan berceceran sampe kadang nginjek mainan sampe sakit nih kaki," tulis Enno, dikutip Selasa (15/9/2020).


"Nah kalau udah gitu yg bikin tenang adalah 'santai ajalah' seperti yg dulu pernah disampaikan @irnay si ibu zen dengan 5 anak..," sambungnya.

Mantan penyanyi cilik ini masih sulit mengatasi rumahnya yang berantakan, Bunda. Tapi, menurut Enno, paling tidak dia tidak memiliki ekspektasi tinggi seperti foto-foto rumah rapi yang dilihatnya di media sosial.

"Walaupun aku masih sulit berdamai dengan rumah berantakan tapi lumayan deh udah gak terlalu berharap ketinggian rumah rapih melulu kaya yg kita lihat di IG atau pinterest!!" ujarnya.

Enno LerianUnggahan Enno Lerian/ Foto: Instagram

Mengurus anak memang bukan pekerjaan yang mudah ya, Bunda. Wajar banget rumah berantakan saat kita memiliki anak kecil yang masih aktif.

Meski begitu, Bunda harus tenang dan menjaga diri biar enggak stres. Menurut Dr.Janet Taylor, psikiater dari New York, stres bisa membuat sebagian ibu lupa melakukan hal menyenangkan lain.

"Ibu sebenarnya menyadari jika waktu mereka hilang untuk mengurus diri sendiri. Sampai lupa untuk membaca buku, berolahraga, melakukan hobi yang menyenangkan, bahkan sebagian lupa untuk mandi," kata Taylor, dilansir Today.

Menurut survei yang dilakukan Today Parents, ibu dengan tiga anak memang cenderung gampang stres karena beban mengurus anak-anaknya. Namun, saat memiliki anak keempat, ibu akan lebih percaya diri lagi.

"Semakin banyak memiliki anak, semakin ibu percaya diri dengan kemampuan mengasuh anak. Ibu hanya perlu menjalaninya dan selalu bersyukur," ujar Taylor.

Simak juga cerita Enno Lerian saat mengurus 4 anak laki-laki, di Intimate Interview berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi