sign up SIGN UP search


parenting

4 Obat Tradisional Anak Mimisan, Kangkung hingga Kulit Kacang Tanah

Melly Febrida Kamis, 03 Sep 2020 17:58 WIB
ilustrasi mimisan caption
Jakarta -

Daun sirih menjadi obat yang paling sering digunakan untuk mengatasi anak mimisan. Tapi sayangnya, daun obat yang satu ini mulai susah kita dapatkan di sekitar rumah ya, Bunda.

Tapi Bunda enggak perlu khawatir, karena ternyata masih ada beberapa obat tradisional untuk mimisan yang mudah didapat. Jadi, saat anak tiba-tiba mimisan Bunda enggak perlu panik nih.

Dilansir Today's Parent, seorang dokter anak, Baltimore Ashanti Woods menjelaskan bahwa salah satu mimisan sering terjadi karena si Kecil sering mengupil.


"Salah satu yang menjadi penyebab mimisan adalah karena mendorong jari ke hidung. Hidung penuh dengan pembuluh darah yang sangat rapuh, sehingga kadang menggosoknya dari luar sedikit keras dapat menyebabkan mimisan," terang Woods.

Saat anak mimisan, jangan memintanya untuk menengadahkan kepala ya, Bunda. Ketika anak mimisan, yang harus dilakukan adalah tegakkan dan miringkan sedikit kepala si kecil ke arah depan, untuk menghindari darah mengalir ke tenggorokan mereka.

Nosebleed - Injury, Child, Nose, Blood, Care6 obat tradisional untuk mimisan/ Foto: iStock

Kemudian, jepit hidung si kecil dan mintalah mereka bernapas melalui mulut. Lakukan hal ini selama kurang lebih 10 menit. Selain itu, Bunda juga bisa mengompres pangkal hidung si kecil menggunakan es untuk menghentikan pendarahan.

Fitri R. Ghozally, dalam bukunya Mengenal Obat Tradisional, menjelaskan apabila mimisan terus berlangsung meski sudah dilakukan pertolongan pertama di rumah, atau mimisan terjadi saat demam segera ke dokter. Ini bisa jadi sebagai gejala timbulnya penyakit lain yang lebih bahaya.

Untuk pertolongan pertama, Bunda bisa mencoba beberapa obat tradisional untuk anak mimisan seperti di bawah ini.

1. Kulit kacang tanah

Bahan yang diperlukan yakni setengah ons kulit kacang tanah, 3 sampai 4 gelas air.
Cara membuat obat tradisional mimisan ini dengan mencuci bersih kulit kacang tanah, rebus hingga mendidih dan menyisakan 1,5 gelas air. Segera minum selagi hangat.

Obat tradisional ini bisa diberikan anak usia 2-5 tahun sebanyak 1/4 gelas 3 kali sehari. Untuk anak usia 6 tahun ke atas minum 3 x sehari sebanyak 1⁄2 gelas.

2. Daun sirih

Dua lembar daun sirih paling sering digunakan untuk obat tradisional mimisan. Bunda cukup mencuci bersih daun sirih, lalu lemaskan dengan cara menempatkannya di atas api kecil (jangan terlalu lama).

"Daun sirih yang sudah lemas diremas dengan perlahan lalu gulung dan masukan ke dalam hidung," kata Fitri.

Pada bagian ujung gulungan daun, yang akan dimasukkan ke dalam hidung sebaiknya diremas kembali agar getah daun keluar. Getah tersebut bisa membuat beku pendarahan

3. Kangkung

Kangkung juga bisa digunakan sebagai obat tradisional mimisan. Siapkan setengah ons kangkung segar, gula pasir secukupnya, dan air secukupnya.

Setelah semua bahan tersedia, cuci bersih kangkung lalu blender dengan air secukupnya. Setelah halus tambahkan gula, lalu aduk rata, dan siap untuk diminum.

Obat tradisional ini bisa diberikan sebanyak tiga kali sehari. Pada anak usia 2-5 tahun minum sebanyak 1⁄4 gelas, dan anak usia 6 tahun ke atas minum dua kali sehari sebanyak setengah gelas.

4. Akar alang-alang

Bahan yang diperlukan yakni setengah ons akar alang-alang dan enam cangkir air. Cara membuatnya, cuci bersih akar alang-alang, kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah terisi 6 cangkir air. Rebus sampai mendidih hingga menyisakan 3 cangkir air. Minum selagi hangat untuk mengobati mimisan si Kecil.

Untuk anak usia 2-5 tahun, berikan 3 kali sehari sebanyak 1⁄2 cangkir air. Sedangkan pada anak usia 6 tahun ke atas, berikan 3 kali sehari sebanyak 1 cangkir air.


Semoga tipsnya membantu ya, Bunda.

Bunda, simak yuk pertolongan pertama pada anak mimisan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi