sign up SIGN UP search


parenting

Penyebab dan Cara Mengatasi Mimisan pada Si Kecil

Mutiara Ananda Putri Sabtu, 11 Jul 2020 18:05 WIB
Young mother blowing her small daughter's nose when playing at home. caption
Jakarta -

Bunda, apakah si kecil sering mengalami mimisan tanpa gejala yang jelas? Kondisi ini pasti membuat Bunda jadi takut dan bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi dengan mereka ya.

Dilansir Today's Parent, seorang dokter anak, Baltimore Ashanti Woods menjelaskan bahwa salah satu mimisan sering terjadi karena si kecil sering mengupil.

"Salah satu yang menjadi penyebab mimisan adalah karena mendorong jari ke hidung. Hidung penuh dengan pembuluh darah yang sangat rapuh, sehingga kadang menggosoknya dari luar sedikit keras dapat menyebabkan mimisan," terang Woods.


Apa Penyebabnya?

Dikutip dari Healthline, mimisan yang terjadi pada anak-anak biasanya tidak serius dan dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti udara yang kering, menggaruk hidung atau mengupil, flu, alergi, infeksi karena bakteri, atau trauma.

Bagaimana cara mengatasinya?

Bunda, ketika mendapati si kecil mimisan, yang harus dilakukan adalah tegakkan dan miringkan sedikit kepala si kecil ke arah depan untuk menghindari darah mengalir ke tenggorokan mereka. Kemudian, jepit hidung si kecil dan mintalah mereka bernapas melalui mulut. Usahakan pertahankan tekanannya selama 10 menit ya, Bunda. Selain itu, Bunda juga bisa mengompres pangkal hidung si kecil dengan menggunakan es untuk menghentikan pendarahan.

Bagaimana cara mencegahnya?

Tanpa disadari, ternyata udara kering juga bisa mengiritasi lapisan hidung si kecil, lho, Bunda. Untuk itu, Bunda bisa menjaga kelembaban udara di kamar si kecil dengan menggunakan pelembab udara atau diffuser. Selain itu, Bunda juga harus lebih rutin menggunting kuku si kecil untuk mengurasi goresan dan iritasi saat ia menggaruk hidung atau mengupil.

Kapan harus membawa anak ke dokter?

Bunda, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan mimisan pada si kecil menjadi sesuatu yang berbahaya. Sebab itu, Bunda harus segera membawa si kecil ke dokter saat :

1. Mimisan yang terjadi akibat si kecil memasukkan sesuatu keĀ hidung mereka.

2. Baru-baru ini, si kecil mulai meminum obat yang baru.

3. Pendarahan terjadi di tempat lain, seperti gusi.

4. Si kecil memiliki memar parah di seluruh tubuh.

5. Mimisan masih terus terjadi setelah Bunda menekan hidung si kecil untuk menghentikan pendarahan selama 10 menit.

Semoga membantu ya, Bunda.

Lihat juga pertolongan pertama ketika mimisanĀ di video berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!