sign up SIGN UP search


Bulan 12

Bulan 13

Bulan 14
fase-anak

Anak Bunda Mulai Bicara Beberapa Kata

Berat 9,1 - 9,8 kg
Tinggi 75,1 - 76,9 cm

Memasuki usia 13 bulan, si kecil lebih banyak melangkah walau belum lancar dan berusaha untuk berjalan mundur. Perkembangan lainnya, yakni:

Mulai bicara
Si kecil sudah bisa berkomunikasi tanpa harus menangis. Sebagian anak akan menunjuk objek untuk bicara atau mengatakan beberapa kata. Si kecil umumnya bisa mengucapkan 2 kata.

Bisa mengambil benda
Si kecil dapat mengambil benda, lalu memasukkan dan mengeluarkan ke dalam sebuah wadah. Selain itu, mereka juga suka melempar benda.

Kemampuan lain
Si kecil jmulai memahami apa yang dilakukan orang tuanya, bisa berekspresi saat bercermin, mulai tertarik melakukan kontak mata dengan anak seusianya. Sebagian anak usia ini akan sulit makan, lebih suka bermain dan tantrum.



Bunda Jangan Lupa
  • Kontrol ke Dokter Jika ada perubahan kebiasaan tidur dan perilaku anak atau masalah medis yang serius dalam perkembangnya.
  • Buat Jadwal Tidur Anak Perhatikan kebiasaan tidur dan buat jadwal supaya si kecil tidur nyenyak demi mendukung kesehatan dan perkembangan. Bunda bisa mencoba mengatur waktu tidur siang dan malam anak pada jam yang sama.

Bunda Baiknya
  • Kenalkan makanan keluarga ASI bisa terus diberikan pada anak 13 bulan. Di usia ini, Bunda juga bisa memberi anak makanan keluarga namun dengan tekstur aman.
  • Stimulasi Perkembangan Anak Mengenalkan bahasa isyarat yang mudah dimengerti, ajak anak bermain bersama teman sebayanya untuk mengajarkan pengalaman baru dan mengontrol emosinya.
  • Bacakan Dongeng Sediakan waktu 5-10 menit untuk membacakan buku cerita sebelum tidur. Cara ini bisa bikin si kecil tenang serta meningkatkan bonding antara orang tua dan anak.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Sulit Makan Anak mulai menjadi picky eater setelah dikenalkan berbagai variasi makanan. Tetap berikan makanan secara pelan-pelan dan jangan memaksa.
  • Anak Sulit Tidur Anak mulai menyukai bermain dan menolak untuk tidur. Bunda bisa biasakan anak tidur di waktu sama setiap hari dan membuat suasana kamar nyaman.
  • Anak Mulai Sering Tantrum Tantrum bisa muncul karena anak frustrasi, mencari perhatian, ingin sesuatu, lapar, atau mengantuk. Bunda bisa bersikap tegas dengan mengacuhkan atau memberi waktu anak diam agar bisa tenang.

Tumbuh kembang anak bulan ke-13, sudah bisa berjalan meskipun belum terlalu lancar. Si Kecil juga sudah bisa mengucap 2 kata. Tapi sayangnya jadi sering GTM nih.