sign up SIGN UP search


parenting

Membuat Slime dengan Tiga Bahan Murah Tanpa Boraks

Melly Febrida Kamis, 08 Oct 2020 17:14 WIB
Little girl making homemade slime toy caption

Jakarta -  Slime memang banyak dijual, baik itu toko online atau offline. Tapi, membuat slime sendiri pasti lebih mengasyikkan. Bunda hanya perlu menggunakan tiga bahan murah dan terjamin keamanannya. Anak pun bisa lebih happy bisa terlibat dari awal pembuatannya.

Mengutip CNBC, meningkatnya popularitas slime di kalangan anak-anak, membuat toko-toko di AS sempat susah payah untuk menjaga stok lem dan bahan dasar lainnya tetap tersedia. Ternyata, demam membuat slime ini pun juga melanda sebagian besar anak-anak di Indonesia ya, Bunda.

Slime menjadi salah satu bentuk permainan yang bisa meningkatkan kreatifitas anak-anak. Baik itu dalam memilih pencampuran warna, hingga kesabaran mereka membuatnya menjadi permainan yang menyenangkan. Sehingga bisa menyalurkan emosi negatif pada anak.


Dikutip Thekitchn, ada berbagai resep membuat slime yang banyak dibagikan di YouTube. Misalnya saja yang menggunakan boraks. Memang hasil lendirnya baik-baik saja, tapi baunya itu berbahaya, Bunda. 

Boraks memang bahan yang populer untuk membuat slime, tetapi ada kekhawatiran dalam menggunakan Boraks untuk membuat slime.  Boraks itu pembersih kimiawi dan paparan yang berulang dan berkepanjangan yang tidak terkendali bisa berdampak buruk bagi kulit, dan berpotensi buruk bagi kesehatan lainnya.

Beberapa orang ada menyatakan bahwa permainan yang menggunakan Boraks akan baik-baik saja dalam dosis kecil, apabila Boraks diencerkan dan semua orang memakai sarung tangan. Hemm...kalau ada pilihan lain kenapa tidak dicoba ya, Bunda?

Resep lainnya yang Bunda bisa temukan yang menggunakan yogurt, tepung jagung, dan lem, ada juga yang pakai krim cukur. Tapi cara ini bisa menghasilkan slime yang tidak tahan lama atau tidak berhasil. 


Kalau Bunda pernah mencoba cara-cara di atas, membuat slime dengan tiga bahan ini lebih mudah dan juga murah. Hasil slimenya lebih kenyal dan mudah diperas.

Sebelum Bunda mengajak si Kecil membuat slime dengan tiga bahan murah, perhatikan dulu tips-tips di bawah ini: 

1. Manfaatkan botol bekas berukuran kecil. Ini untuk menghindari pemborosan.  Botol berukuran dua ons sudah cukup untuk satu batch slime dan lebih murah dari botol berukuran penuh.

2. Tutupi meja dengan kain minyak atau taplak meja luar ruangan, yang memudahkan pembersihan.  Alas piring plastik atau talenan fleksibel juga bagus untuk melindungi permukaan selama permainan slime.

3. Ingatlah untuk mencuci tangan dan hindari menyentuh mulut saat bermain dengan segala jenis slime.

4. Slime akan menjadi lebih sulit dibersihkan setelah mengering (bagaimanapun juga ini adalah lem!) Jadi rendam alat pencampur dalam air sabun hangat saat bermain, dan pastikan untuk membersihkan ruang bermain secepatnya saat sudah selesai.

5. Simpan dalam wadah kedap udara pada suhu kamar.

Sedangkan untuk bahan-bahan pembuat slime hanya perlu menyediakan bahan berikut:

- 2 botol (4 ons) lem yang dapat dicuci 

- 1-2 tetes pewarna makanan cair (opsional)

- 1/4 cangkir glitter (opsional)

- 1 sendok teh soda kue  

- 2-3 sendok makan larutan garam (contohnya larutan lensa kontak)

Alat yang dibutuhkan:

- Sendok ukur

- Mangkuk pengaduk kaca atau plastik 

- Sendok pengaduk 

- Wadah kedap udara untuk penyimpanan 

Cara membuat:

1. Tuang lem ke dalam mangkuk sedang.  Aduk pewarna makanan dan glitter, jika mau.  Campuran ini tidak harus homogen, karena anak-anak akan lebih mencampurnya setelah menambahkan soda kue. 

2. Tambahkan soda kue ke dalam campuran lem dan aduk sampai rata. 

3. Tuangkan 2 sendok makan larutan lensa kontak dan aduk perlahan.  Campuran akan mulai mengeras, menjadi berserabut.

4. Lanjutkan mengaduk perlahan sampai membentuk bola lendir.

5. Angkat slime dan kerjakan di antara kedua tangan, sampai halus.  Jika slime sangat berlendir, tambahkan 1/2 sendok makan larutan lensa kontak sesuai kebutuhan.

6. Setelah tercampur, anak-anak bisa langsung bermain dengan slime atau menyimpannya untuk permainan selanjutnya. 

Bunda akan terkejut betapa cepatnya slime menyatu dan berapa lama anak akan bermain dengan slime sesudahnya. Slime yang sudah jadi bisa dijadikan bermacam-macam permainan, Bunda. Misalnya seperti berikut ini:

1. Figurin tersembunyi. Bunda bisa memasukkan mainan kecil ke dalam lendir slime dan mintalah anak untuk menemukannya. 

2. Slime polkadot yakni dengan memasukkan 10-15 pompom lembut ke dalam slime yang tanpa warna tanpa glitter. 

3. Potong dan ukur slime: Sediakan penggaris logam atau plastik dan gunting yang aman untuk anak.  Lihat siapa yang bisa meregangkan slime paling panjang.  Atau berlatih menghitung dan memotong slime menjadi 10 inci.

Menyenangkan bukan, anak-anak bisa betah lama-lama main slimenya. Selamat mencoba!

Bunda, bisa juga mengajari anak membuat slime dari bahan rumahan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi