sign up SIGN UP search


parenting

Ingat Pesan Bunda! Selalu Jaga Jarak Aman Saat Pandemi

Inkana Putri Minggu, 04 Oct 2020 14:31 WIB
Little boy in medical mask hugging crop mother and looking at camera during coronavirus outbreak against gray background caption
Jakarta -

Sejak mewabah di Indonesia, jumlah kasus COVID-19 cenderung meningkat setiap harinya. Berdasarkan data pada situs covid.go.id, hingga 3 Oktober 2020, jumlah kasus positif di Indonesia telah mencapai 299.506, dengan 225.052 pasien sembuh dan 11.055 pasien meninggal.

Pandemi COVID-19 memang bisa menyerang siapa saja, termasuk si kecil. Oleh karena itu, sangat penting bagi si kecil untuk selalu ingat pesan Bunda untuk jaga jarak dengan sekitarnya. Apalagi jika ia termasuk anak yang aktif dan suka bermain bersama teman-temannya.

Menyuruh si kecil untuk jaga jarak bisa dibilang bukan hal mudah. Oleh karena itu, diperlukan cara khusus agar si kecil selalu ingat pesan Bunda buat jaga jarak. Melansir The New York Times, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan saat mengingatkan si kecil untuk jaga jarak.


Dongeng

Si kecil biasanya akan lebih mudah paham melalui cerita atau dongeng yang menarik perhatiannya. Nah, Bunda bisa gunakan cara ini saat menjelaskan tentang pentingnya menjaga jarak. Bunda juga bisa memanfaatkan dua boneka yang diberi jarak 2 meter biar si kecil jadi lebih tertarik untuk memahami konsep jaga jarak.

Bermain games

Selain lewat cerita, anak-anak biasanya cenderung mempraktikkan jaga jarak jika hal tersebut dirasa menyenangkan. Seperti halnya salah satu profesor psikologi Inggris yang merancang games 'Can You Save the World?'. Dalam video game ini, anak-anak bisa belajar jaga jarak dengan menghindari kerumunan orang di trotoar, mengumpulkan masker, serta menghindari bersin untuk mendapatkan poin.

Ajari disiplin

Mengajari anak untuk disiplin tentu merupakan hal yang berat. Namun, Bunda tetap bisa mengajarkan untuk disiplin dengan cara yang lembut. Bunda bisa jelaskan kepada si kecil tentang konsekuensi jika ia lupa menjaga jarak. Buatlah juga beberapa hukuman ringan sesuai hal yang ia langgar. Namun jika ia patuh menjaga jarak, Bunda juga bisa lho berikan si kecil hadiah sebagai reward.

Itu dia beberapa cara yang bisa Bunda lakukan biar si kecil terus ingat untuk menjaga jarak. Sebagai orang tua, tentu Bunda juga perlu memberikan contoh yang baik untuknya. Pasalnya, anak-anak lebih cenderung mengikuti perilaku orang tuanya. Jika Bunda selalu jaga jarak, tentu si kecil juga akan selalu ingat untuk jaga jarak.

Dalam mencegah sebaran COVID-19, pemerintah saat ini sedang melakukan kampanye #IngatPesanIbu. Melalui kampanye ini, pemerintah mengajak agar masyarakat Indonesia selalu ingat untuk menerapkan protokol kesehatan layaknya si kecil yang selalu ingat pesan Bunda.

Kampanye #IngatPesanIbu juga memiliki misi mengajak masyarakat untuk selalu lakukan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). Yuk Bun, selalu ingatkan si kecil untuk jaga jarak, agar ia selalu ingat pesan Bunda di mana dan kapan saja.

[Gambas:Video Haibunda]



(prf/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi