sign up SIGN UP search


parenting

5 Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Menitipkan Anak di Daycare Saat Pandemi

Asri Ediyati Rabu, 14 Oct 2020 16:23 WIB
Happy female teacher teaching group of small kids in a preschool. caption
Jakarta -

Di era pandemi, sebagian besar daycare masih tutup. Mereka kebanyakan menawarkan program homecare, Bunda. Sayangnya, ada beberapa ibu yang harus bekerja dari kantor, bukan WFH.

Melihat hal ini, Lenny N. Rosalin, Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak menyampaikan bahwa keberadaan daycare memang diharapkan bisa mendukung para pekerja perempuan agar bisa fokus sehingga tidak mengganggu produktivitas.

Namun, daycare yang dimaksud adalah daycare ramah anak. Di mana, daycare tersebut bisa memenuhi hak-hak anak.


"Anak-anak berada di tangan yang tepat, terlindungi di sana. Terpenuhi hak-haknya selama anak ada di daycare," kata Lenny, di Webinar Kemenpppa 'Daycare Ramah Anak Mendukung Peningkatan Produktivitas Pekerja', beberapa waktu lalu.

Sementara itu, dr. Erna Mulati, MSc.,CMFM Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes RI mengatakan apabila daycare dibuka dan orang tua ingin menitipkan, ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan nih, Bunda. Ini sebagai bentuk pencegahan anak dari COVID-19.

"Dampak COVID-19 pada anak usia dini berkaitan dengan kelangsungan hidup anak dan berkaitan dengan kualitas hidup anak," ujarnya, di kesempatan yang sama.

Erna pun menjelaskan prinsip pencegahan COVID-19 pada anak di daycare apabila sudah buka. Berikut lima hal yang wajib diperhatikan orang tua. Klik next untuk halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga kelas online di era pandemi yang bisa ubah sistem belajar anak:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi