sign up SIGN UP search


parenting

Long Weekend, Ini Tempat Liburan yang Harus Bunda Hindari

Yudistira Imandiar   |   Haibunda Sabtu, 24 Oct 2020 10:17 WIB
Shot of a happy family out on a morning walk together caption
Jakarta -

Pekan depan akan ada long weekend dari hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama. Jika Bunda dan keluarga berencana liburan, pilih destinasi yang aman ya, Bunda.

Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia (UI), Dr. dr. Tri Yunis Miko Wahyono, MSc berpesan kepada masyarakat yang ingin mengisi libur panjang saat pandemi agar memilih destinasi wisata yang sudah termasuk dalam zona hijau. Selain itu, masyarakat harus memperhatikan protokol kesehatan, terutama lokasi wisatanya. 

"Tentukan tempat mana yang akan dituju dan pastikan lokasi wisata itu berada di zona hijau sehingga tidak terpapar COVID-19," ujar Tri seperti dikutip dari situs covid19.go.id, Sabtu (24/10/2020).


Pernyataan ini disampaikan dalam talkshow 'Imun Kuat Libur Panjang Aman' di Media Center Satgas Penanganan COVID-19 Graha BNPB, Jakarta, Rabu (21/10). Menurutnya, pemilihan zona aman harus jadi prioritas.

Tri mengatakan, wilayah zona merah perlu dihindari karena berisiko tinggi penularan COVID-19. Namun, bila terpaksa harus datang ke zona merah, ia berpesan agar menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Mau jalan ke mal atau ke mana pun di zona merah itu berisiko. Makanya jangan lupa pakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan, cuci tangan pakai sabun," ujarnya lagi.

Pemimpin Yayasan Al Fachriyah, Habieb Salim bin Jindan mengatakan, seluruh agama mengajarkan kebersihan, namun permasalahannya manusia mau menerapkan kebersihan atau tidak. Ditambah ada kabar bohong yang beredar kadang membuat masyarakat gaduh.

"Ini berbahaya. Mereka punya medsos sebarkan berita COVID-19 sebagai konspirasi untuk menghancurkan NKRI dengan hoaks sehingga masyarakat takut," ujar Habieb Salim.

Habieb menyarankan seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pemerintah bersinergi mengedukasi penanganan COVID-19 dengan baik. Ia juga menyinggung soal perayaan Hari Besar Islam Maulid Nabi di Jakarta yang bisa dihadiri banyak orang.

"Ini fungsi Satgas, wali kota, atau gubernur untuk hadirkan tokoh agama. Jelaskan acara ini boleh diselenggarakan asalkan mengikuti protokol kesehatan," katanya.

Agar Bunda dan keluarga aman saat berlibur, ingat selalu #ingatPesanBunda atau #IngatPesanIbu yang disampaikan oleh Satgas COVID-19, yaitu #pakaimasker #jaga jarak dan #cucitanganpakaisabun.  

Bunda simak cara mencegah COVID-19 di tempat umum dalam video berikut yuk.

[Gambas:Video Haibunda]



(akn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!