sign up SIGN UP search


parenting

Marshanda Ungkap Cerita Asuh Anak Bareng Eks Suami, Berusaha Saling Harmonis

Yuni Ayu Amida Jumat, 12 Feb 2021 10:31 WIB
Marshanda caption
Jakarta -

Marshanda dan Ben Kasyafani memang telah lama bercerai. Ben juga kini sudah menikah dengan Ines. Namun hubungan Ben dan Marshanda masih tetap baik hingga saat ini.

Hal ini nampak dari keduanya dalam hal mengasuh buah hati semata wayang mereka, Sienna. Meski Sienna kini tinggal bersama Ben dan Ines, Marshanda tak lantas kehilangan haknya untuk mengasuh sang putri.

Melalui Instagram pribadinya, Marshanda kemudian berbagi tentang bagaimana dirinya, Ben, dan Ines selama ini menjalani co-parenting, yakni mengasuh anak bersama meski sudah bercerai.


"Aku pingin sharing tips dan cerita yang mudah-mudahan menginspirasi dan bermanfaat untuk yang mau tahu gimana caranya mengasuh anak sebagai orang tua yang mengalami perpisahan," kata Marshanda dalam videonya yang diunggah di Instagram, Selasa (3/11/2020).

"Dalam kasusku, salah satu orang tua sudah menikah lagi, jadi si anak punya tiga orang tua. Kalau di aku, Sienna anakku, punya aku ibunya, punya Mama Ines, dan punya Ayah Ben," sambungnya.

Diakui Marshanda bahwa dirinya, Ben, dan Ines selama ini berusaha untuk saling menghargai dan menghormati sebaik yang mereka bisa. Semua dilakukan dengan perasaan tulus.

"Memang kita berusaha untuk saling harmonis, tapi selain itu juga untuk kepentingan anak agar dia bahagia, kita juga perlu melakukan itu berlandaskan rasa tulus," ujar Marshanda.

Selain itu, dalam mendidik Sienna, mereka juga melakukan komunikasi yang informatif. Artinya, setiap kali Marshanda, Ben, dan Ines ingin mengambil keputusan penting untuk Sienna, mereka akan saling menginformasikan satu sama lain secara detail atau bahkan meminta izin jika diperlukan.

"Artinya kita menghormati posisi masing-masing sebagai orang tuanya Sienna, yang punya andil sama rata dalam masa Sienna tumbuh dan kembang," ucapnya.

Di sisi lain, Marshanda mengatakan bahwa wajar jika dalam perceraian terjadi konflik atau perbedaan pendapat dalam mengasuh anak. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan saling berlomba-lomba jadi orang yang berhati besar dalam memberikan kebaikan.

"Aku bersyukur banget karena Sienna punya 3 orang tua yang berlomba-lomba untuk mencintai dia dari kecil hingga dewasa," ungkapnya.

Pemain film Bidadari ini juga mengatakan bahwa dalam co-parenting, orang tua harus mengalahkan rasa takut kehilangan peran. Karena co-parenting bukanlah ajang persaingan.

"Co-parenting adalah sebuah kerja sama bukan persaingan, jadi bukan soal siapa yang menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak, atau anak lebih sayang dengan siapa," tuturnya.

Simak juga tips mengasuh anak tanpa baby sitter ala Irfan Hakim dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Sacha StevensonFoto: Mia Kurnia Sari



(yun/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi