parenting

Marshanda Terkejut Sang Putri Nangis Takut Ibunya Masuk Neraka

Asri Ediyati Rabu, 04 Dec 2019 08:00 WIB
Marshanda Terkejut Sang Putri Nangis Takut Ibunya Masuk Neraka Marshanda Terkejut Sang Putri Nangis Takut Ibunya Masuk Neraka/ Foto: Instagram
Jakarta - Feeling is healing, begitulah yang selalu diucap Marshanda ketika sedang rindu-rindunya dengan putrinya, Sienna. Sebagai ibu, jelas tak mudah hidup berpisah dengan anak kandung. Apalagi waktu bercerai dengan mantan suaminya, Ben, putrinya itu masih berusia 1 tahun 8 bulan.

Marshanda bercerita, jika sedang frustrasi apalagi kangen dengan anaknya, ia tak menahannya. Ibu satu anak itu tak menunda untuk meluapkan perasaannya. Bukan hanya dalam bentuk tangisan, Marshanda juga mengeluarkannya lewat tulisan, doa, dan curhat.


"Lagi di mobil, di rumah, biarkan rasa sedih dan ketidakmengertian itu muncul ke permukaan kulit, dalam bentuk air mata, tulisan, doa, curhat. Dan mendoakan orang lain yang punya kuasa atas kenyataan ini," ujar Marshanda.


"I'll do my best when I spend with my daughter, meskipun sedikit waktu I hope bisa menjadi momen yang memorable di masa kecil Sienna," lanjutnya saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube Ussy Andhika.

Hingga kini, Marshanda pun mengaku sesekali saja untuk menelepon atau video call dengan Sienna. Setelah menceritakan bagaimana ia mengungkapkan rindu pada putrinya, Marshanda juga mengaku Sienna tahu semua tentangnya.

"Dia tahu dahulu aku pakai jilbab sekarang aku lepas, dia tahu aku bipolar. We talked about everything, dia itu dewasa banget tapi dengan bahasanya dia. Sienna itu old soul. Dia diajak ngomong walau bahasanya enggak kayak orang gede tapi dia ngerti. Dia tahu aku sudah bercerai dengan Ben," kata Marshanda.

"Waktu ke rumah Mama yang di Jalan Lembang itu dia tahu, 'Oh ini yang waktu Ibu masih pakai hijab ya?' Dia sering lihat videonya waktu masih bayi dan aku masih punya di komputerku masih lengkap. 'Oh ibu dulu masih pakai kerudung ya? Kenapa Ibu udah enggak pakai kerudung lagi?'" lanjutnya.

Sampai yang bikin Marshanda agak terkejut adalah ketakutan Sienna jika ibunya kelak akan masuk neraka. "'Aku tuh takut Ibu masuk neraka'. Dia nangis. She's growing up with Ben dan Ines (istri Ben), Ines pakai hijab," kata Marshanda.

Marshanda pun akhirnya berusaha mengomunikasikan ke Sienna, 'Feeling is healing'. Marshanda meminta Sienna kalau mau menangis silakan, jangan ditahan. Ini karena aktris berusia 30 itu mengaku anaknya punya kecenderungan yang sama dengan dirinya dahulu. Sama-sama menahan kesedihan supaya keluarganya tak khawatir.

"Dan menurut penelitian bipolar itu genetik, jadi jangan sampai lah kejadian ke Sienna. 'Sama Ibu, kamu boleh muntah, kamu mau nangis, kamu teriak, kamu pasang lagu yang keras'. Feeling is healing, aku kasih tahu perjalanan hidup itu kayak gini lho. Dia mengerti," tutur Marshanda.
Marshanda dan SiennaMarshanda dan Sienna/ Foto: Instagram
Penting memang untuk membicarakan tentang perceraian ke anak, tapi apa yang kita lakukan atau tindakan kita juga sama pentingnya dengan apa yang kita katakan.

Kalau Bunda atau Ayah bilang ke anak, 'Kami mencintaimu dan akan selalu ada untukmu', jadikan pesan itu dalam tindakan. Berilah anak pelukan sebanyak mungkin, bermain bersama, masak bersama, membaca bersama dan berbagi banyak waktu yang berkualitas bersama.

Sebisa mungkin, jagalah rutinitas anak kita yang biasa seperti aturan, tugas sekolah, jam makan malam, waktu tidur, dan seterusnya, dengan kedua orang tua walau di rumah yang berbeda. Konsistensi semacam ini akan membantu anak merasa lebih aman.

Berikut contoh percakapan yang bisa membantu kita berbicara perceraian ke anak. Namun, dengan catatan, contoh percakapan ini hanya untuk edukasi dan mungkin tidak terlalu cocok di semua situasi.

Jika Ayah atau Bunda tak yakin dengan apa yang harus dikatakan pada anak, jika khawatir kita malah jadi emosional, silakan Ayah atau Bunda minta bantuan ke konselor, psikolog, atau terapis keluarga. Demikian dilansir Psychology Today.
Marshanda Terkejut Sang Putri Nangis Takut Ibunya Masuk Neraka



Simak jugacaramencegahISPA pada anak melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi